Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X di MAN 1 Tarokan Kab. Kediri

MUNFARIDAH, TITIK (2020) Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X di MAN 1 Tarokan Kab. Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932105616 Pra BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932105616 BAB I.pdf

Download (145kB)
[img] Text
932105616 BAB II.pdf

Download (241kB)
[img] Text
932105616 BAB III.pdf

Download (189kB)
[img] Text
932105616 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
932105616 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
932105616 BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text
932105616 Daftar Pustaka.pdf

Download (183kB)
[img] Text
932105616 Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK TITIK MUNFARIDAH, 2020. Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X di MAN 1 Tarokan Kab. Kediri, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. H. Anis Humaidi, M. Ag dan (2) Mohammad Asy’ari, M. H.I Kata Kunci: Strategi Guru, Minat Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya/kekuatan dalam pembelajaran. Strategi disusun untuk mencapai tujuan tertentu. Artinya, arah dari semua keputusan penyusunan strategi adalah pencapaian tujuan. Dengan demikian, penyusunan langkah-langkah pembelajaran, pemanfaatan berbagai fasilitas dan sumber belajar semuanya diarahkan dalam upaya pencapaian tujuan. Begitu juga dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas X MAN 1 Tarokan yang menggunakan beberapa strategi untuk meningkatkan minat belajar siswa. Adapun fokus penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui macam-macam strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas X MAN 1 Tarokan, Kab. Kediri? 2) Untuk mengetahui implementasi strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas X MAN 1 Tarokan, Kab. Kediri? Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data yang dihasilkan berupa deskriptif yang diperoleh dari data-data berupa kata-kata, tulisan dan dokumen yang berasal dari sumber atau informan yang diteliti dan dapat dipercaya. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah study kasus dan atas dasar fenomenologi dengan mengambil lokasi di MAN 1 Tarokan Kab. Kediri. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk mengalisa data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Pengecekan data dengan ketentuan pengamatan atau kedalaman observasi dan trianggulasi. Dari penelitian yang telah dilaksanakan dapat diperoleh hasil penelitian bahwa: 1) macam-macam strategi yang digunakan guru Sejarah Kebudayaan Islam guru mempersiapkan rancangan pembelajaran, strategi belajar yang digunakan yaitu strategi inkuiri, strategi kooperatif dan strategi ekspositori. Strategi tersebut dilakukan dengan adanya metode pembelajaran yaitu seperti metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab, dan metode demonstrasi. 2) implementasi strategi yang digunakan yaitu meliputi adanya perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan hasil.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 11 Feb 2021 04:37
Last Modified: 11 Feb 2021 04:37
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2145

Actions (login required)

View Item View Item