Penerapan Pendekatan Kontruktivisme Model Siklus Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas X IPA2 Man Kediri 1 Tahun Pelajaran 2015/2016

SHOLEKAH, MAR'ATUS (2016) Penerapan Pendekatan Kontruktivisme Model Siklus Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas X IPA2 Man Kediri 1 Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932111412 - Pra Bab.pdf

Download (534kB)
[img] Text
932111412 - BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
932111412 - BAB II.pdf

Download (407kB)
[img] Text
932111412 - BAB III.pdf

Download (327kB)
[img] Text
932111412 - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
932111412 - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
932111412 - BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB)
[img] Text
932111412 - Daftar Pustaka.pdf

Download (15kB)
[img] Text
932111412 - Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)

Abstract

Kata Kunci: Pendekatan Kontruktivisme, Hasil Belajar Salah satu pembelajaran yang ditawarkan untuk meningkatkan mutu pendidikan yang sesuai dengan kurikulum K-13 adalah pendekatan kontruktivisme. Kontruktivisme merupakan landasan berfikir (filosofi) pembelajaran kontektual, yaitu bahwa pengetahuan dibangun oleh manusia sedikit demi sedikit, yang hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas dan tidak sekonyong-konyong. Pengetahuan bukanlah seperangkat fakta-fakta, konsep atau kaidah yang siap untuk diambil dan diingat. Manusia harus mengontruksi pengetahuan itu dan memberi makna melalui pengalaman nyata. Siswa biasanya memecahkan masalah, menemukan sesuatu yang berguna bagi dirinya. Guru tidak akan mampu memberikan semua pengetahuan kepada siswa. siswa harus mengontruksi pengetahuan di dalam benak mereka sendiri. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, maka fokus penelitian ini adalah, pertamabagaimana penerapan pendekatan kontruktivisme untuk meningkatkan hasil belajar Fiqih kelas X IPA 2 MAN Kediri 1 tahun pelajaran 2015/2016; kedua, apakah dengan penerapan pendekatan kontruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar Fiqih kelas X IPA 2 MAN Kediri 1 tahun pelajaran 2015/2016 Berdasarkan fokus penelitian yang telah diuraikan, maka tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui penerapan pendekatan kontruktivisme untuk meningkatkan hasil belajar Fiqih kelas X IPA 2 MAN Kediri 1 tahun pelajaran 2015/2016; kedua, untuk mengetahui apakah dengan penerapan pendekatan kontruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar Fiqih kelas X IPA 2 MAN Kediri 1 tahun pelajaran 2015/2016 pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom actionresearch dengan menggunakan pendekatan kontruktivisme model siklus belajar. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian maka dapat diambil kesimpulan pertama, gambaran prestasi sebelum penerapan pendekatan kontruktivisme model siklus belajar di MAN Kediri 1 yang dilakukan dengan tiga fase yaitu eksplorasi, pengenalan konsep dan pengaplikasian konsep dapat diketahui bahwa rata-rata nilai kelas X dari 36 siswa adalah 80,94 dan masih ada 7 siswa yang tepat mencapai standart ketuntasan minimal maka perlu dilakukan kegiatan perbaikan. Kedua, pendekatan kontruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan adanya data peningkatan hasil belajar dari pra tindakan yaitu sebesar 80,94 dan setelah tindakan meningkat menjadi 96,54 Dari hasil penelitian di atas disarankan :Bagi Kepala Sekolah dan Guru, hasil belajar siswa kelas X IPA 2 MAN Kediri 1 yang mengalami peningkatan hasil belajar melalui Penerapan pendekatan kontruktivisme model siklus belajar dapat dijadikan referensi untuk meningkatkan hasil belajar di kelas lain agar hasil belajar siswa MAN Kediri 1 dapat maksimal dan meningkat, Bagi siswa, keaktifan dan kreatifitas perlu ditingkatkan sebagai rasa aktualisasi diri. Bagi penelitiselanjutnya, selain dengan penerapan pendekatan kontruktivisme model siklus belajar, nampaknya perlu dicari strategi-strategi lain sehingga hasil belajar siswa kelas X IPA 2 MAN Kediri 1 dapat terus meningkat dan lebih optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 10 Feb 2021 05:14
Last Modified: 10 Feb 2021 05:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2139

Actions (login required)

View Item View Item