Implementasi Metode STAD (Student Teams-Achivement Division) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas V (Studi di SDN Bendosari Kras Tahun Ajaran 2015/2016)

IRAWAN, KARUNIA (2016) Implementasi Metode STAD (Student Teams-Achivement Division) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas V (Studi di SDN Bendosari Kras Tahun Ajaran 2015/2016). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932108212 - Pra BAB.pdf

Download (391kB)
[img] Text
932108212 - BAB I.pdf

Download (99kB)
[img] Text
932108212 - BAB II.pdf

Download (222kB)
[img] Text
932108212 - BAB III.pdf

Download (125kB)
[img] Text
932108212 - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text
932108212 - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[img] Text
932108212 - BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[img] Text
932108212 - Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Metode STAD, Prestasi Belajar. Dalam meningkatkan kualitas pendidikan perlu diadakan inovasi pembelajaran yang efektif dan efisien. Salah satunya adalah dengan menerapkan metode Student team Achivement Division (STAD). Sebagai salah satu metode Cooperative Learning, Model STAD diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajar, karena dalam penerapannya termasuk sederhana, menarik dan paling tepat bagi guru yang baru menggunakan metode Cooperative Learning. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana penerapan Metode Student team Achivement Division (STAD) dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelas V SDN Bendosari 1 kras. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah a) Bagaimana penerapan metode Student Team Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran PAI materi “Mengenal Puasa Wajib” di SDN Bendosari 1 ? b) Bagaimana Prestasi belajar siswa pada penerapan metode Student Team Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran PAI materi “Mengenal Puasa Wajib” di SDN Bendosari 1? c) Apakah ada peningkatan prestasi belajar siswa dengan penerapan metode Student Team Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran PAI materi “Mengenal Puasa Wajib” di SDN Bendosari 1? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan kualitatif deskriptif. Adapun subyek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Bendosari 1 Kecamatan Kras Kabupaten Kediri. Metode pengumpulan data diantaranya menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dari penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut, a) Implementasi STAD pada siswa kelas V menggunakan prosedur : penyajian materi, pembentukan kelompok, diskusi siswa, presentasi hasil diskusi kelompok, tindak lanjut dengan kuis, penugasan, evaluasi, dan reward, b) model pembelajaran STAD terbukti mampu meningkatkan prestasi belajar siswa dilihat dari semakin meningkatnya prestasi siswa dari pra siklus dengan nilai rata-rata 79,51, siklus I dengan nilai rata-rata 79,02 , siklus II dengan nilai rata-rata 85,90.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 10 Feb 2021 04:19
Last Modified: 10 Feb 2021 04:19
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2132

Actions (login required)

View Item View Item