Peran Aktif Guru Aqidah Akhlak dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa Di MTs. Raudlatut Thalabah Kolak Wonorejo Ngadiluwih Kediri

Lailya, Elvin Nur (2016) Peran Aktif Guru Aqidah Akhlak dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa Di MTs. Raudlatut Thalabah Kolak Wonorejo Ngadiluwih Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932104512 - Pra BAB.pdf

Download (940kB)
[img] Text
932104512 - BAB I.pdf

Download (230kB)
[img] Text
932104512 - BAB II.pdf

Download (388kB)
[img] Text
932104512 - BAB III.pdf

Download (228kB)
[img] Text
932104512 - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[img] Text
932104512 - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
932104512 - BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
932104512 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)
[img] Text
932104512 - Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kenakalan remaja, khususnya pada remaja usia sekolah menjadi masalah serius yang harus segera ditanggulangi. Dengan semakin meningkatnya perilaku kriminalitas dikalangan siswa, tidak hanya membuat resah para orang tua dan masyarakat, namun juga meresahkan para guru di sekolah. Sekolah merupakan tempat yang strategis untuk membentuk akhlak siswa. Oleh karena itu perlu perhatian serta peran aktif dari guru Aqidah Akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa. Guru Aqidah Akhlak dianggap yang paling bertanggung jawab dalam penanaman nilai-nilai ketauhidan serta harus dapat menjadi uswatun hasanah bagi para siswanya. Fokus penelitian ini adalah: 1. Apa saja jenis kenakalan siswa di MTs. Raudlatut Thalabah Kolak Wonorejo Ngadiluwih Kediri? 2. Pendekatan apakah yang diterapkan oleh guru Aqidah Akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa di MTs. Raudlatut Thalabah Kolak Wonorejo Ngadiluwih Kediri? 3. Metode apa saja yang digunakan oleh guru Aqidah Akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa di MTs. Raudlatut Thalabah Kolak Wonorejo Ngadiluwih Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian/informan adalah kepala sekolah, guru Aqidah Akhlak, guru BP/BK dan siswa. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang ada, pengambilan data, pengecekan keabsahan data, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian yaitu: 1. Jenis kenakalan siswa di MTs. Raudlatut Thalabah Kolak Wonorejo Ngadiluwih Kediri dilihat dari bentuk kenakalannya maka dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu kenakalan yang menimbulkan korban fisik yaitu perkelahian serta jenis kenakalan yang melawan status seperti membolos dan tindakan-tindakan yang melanggar tata tertib Madrasah, 2. Pendekatan yang diterapkan oleh guru Aqidah Akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa di MTs. Raudlatut Thalabah Kolak Wonorejo Ngadiluwih Kediri adalah penanaman nilai (inculcation approach). 3. Metode yang digunakan oleh guru Aqidah Akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa di MTs. Raudlatut Thalabah Kolak Wonorejo Ngadiluwih Kediri adalah metode hiwar (percakapan) dengan media audio visual serta dengan menggunakan metode keteladanan. Kata Kunci: Guru Aqidah Akhlak, Kenakalan Siswa, Peran Aktif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 09 Feb 2021 04:48
Last Modified: 09 Feb 2021 04:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2105

Actions (login required)

View Item View Item