Rosyidah, Lu'lu' Nur (2025) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pendapatan (Studi Pada UMKM Candaria Desa Sukorejo Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, UIN Syekh Wasil Kediri.
|
Text
934128919_prabab.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
934128919_bab1.pdf Download (309kB) |
|
|
Text
934128919_bab2.pdf Download (263kB) |
|
|
Text
934128919_bab3.pdf Download (161kB) |
|
|
Text
934128919_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (608kB) |
|
|
Text
934128919_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
|
|
Text
934128919_bab6.pdf Download (90kB) |
|
|
Text
934128919_daftarpustaka.pdf Download (135kB) |
|
|
Text
934128919_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
934128919_lembarpernyataanpublikasi.pdf Download (752kB) |
Abstract
LU’LU’ NUR ROSYIDAH, NIM 934128919. Dosen Pembimbing Amrul Mutaqin, M.EI dan Akhmad Jazuli Afandi, Lc., M.Fil.I. “Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Pendapatan (Studi Pada UMKM Candaria Desa Sukorejo Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri)”. Skripsi Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Syekh Wasil Kediri, 2025. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, UMKM, Pendapatan. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah mempunyai peranan penting dalam pertumbuhan daerah, termasuk di Kabupaten Kediri. Kabupaten Kediri terkenal dengan berbagai produk unggulan, salah satunya adalah nanas yang berasal dari daerah ngancar. Potensi nanas yang cukup melimpah menjadikan produk olahan nanas sebagai salah satu oleh-oleh khas daerah. Salah satu UMKM yang berhasil memanfaatkan potensi lokal adalah UMKM Candaria yang mengolah nanas menjadi produk inovatif dan sebagai pusat oleh-oleh khas Kabupaten Kediri dengan menjual berbagai produk UMKM Kabupaten Kediri. Dalam upaya meningkatkan pendapatan, Candaria terus beradaptasi dengan trend pasar melalui strategi pemasaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh UMKM candaria serta penerapan strategi pemasaran UMKM Candaria dalam meningkatkan pendapatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan pendekatan deskriptif analisis. Data diperoleh melalui wawancara dengan pemilik usaha dan pihak terkait, observasi langsung di lokasi usaha, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa UMKM Candaria lakukan strategi pemasaran offline maupun online yang diterapkan dengan menggunakan dua srategi utama yaitu strategi segmenting, targeting, dan positioning (STP) dan bauran pemasaran (marketing mix) 4P yang terdiri dari produk, harga, tempat, dan promosi. Segmentasi pasar UMKM Candaria dilakukan pada konsumen lokal dan wisatawan. Target pasar meliputi wisatawan, masyarakat lokal, serta instansi. Candaria memposisikan produknya sebagai oleh-oleh khas Kabupaten Kediri berbahan dasar nanas. Penerapan bauran pemasaran, Candaria menawarkan produk unggulan berupa olahan nanas seperti pie, sirup, sari nanas, dan strudel, menetapkan harga yang kompetitif, memperluas jaringan distribusi, serta melaksanakan kegiatan promosi secara aktif melalui media sosial, pameran, kolaborasi, dan iklan berbayar. Strategi tersebut terbukti aktif dalam meningkatkan pendapatan UMKM Candaria yang pada tahun 2020 sebesar Rp 23.512.100 menjadi Rp 495.450.300 pada tahun 2024.
| Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Lu'Lu Nur Rosyidah Rosyidah |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 06:35 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 06:35 |
| URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/20111 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
