Pengembangan media pembelajaran e-magazine berbasis proyek pada materi klasifikasi makhluk hidup untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas VII MTsN 3 Kediri

Kusuma, Rindyana (2025) Pengembangan media pembelajaran e-magazine berbasis proyek pada materi klasifikasi makhluk hidup untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas VII MTsN 3 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, UIN Syekh Wasil Kediri.

[img] Text
21208046_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
21208046_bab1.pdf

Download (535kB)
[img] Text
21208046_bab2.pdf

Download (511kB)
[img] Text
21208046_bab3.pdf

Download (677kB)
[img] Text
21208046_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
21208046_bab5.pdf

Download (208kB)
[img] Text
21208046_daftarpustaka.pdf

Download (745kB)
[img] Text
Pernyataan_Upload rinaa.pdf

Download (332kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pembelajaran IPA di kelas VII MTsN 3 Kediri yang masih berpusat pada penggunaan buku paket dan LKS, sehingga siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran dan kesulitan memahami konsep-konsep sains yang bersifat abstrak. Kondisi ini diperparah dengan minimnya pemanfaatan media pembelajaran interaktif serta keterbatasan fasilitas laboratorium pascapandemi dan pembangunan gedung yang menghambat pelaksanaan praktikum, sehingga keterampilan proses sains siswa belum berkembang secara optimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran E-magazine berbasis proyek pada materi klasifikasi makhluk hidup dengan metode Research and Development (R&D) model ADDIE. Media dikembangkan, divalidasi, dan diuji keefektifannya melalui desain One Group Pretest-Posttest pada 29 siswa kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan media valid, sangat reliabel, dan mampu meningkatkan keterampilan proses sains siswa secara signifikan dengan kategori efektivitas sedang, sehingga E-magazine berbasis proyek layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Sains, Teknologi dan Rekayasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris IPA
Depositing User: RINDYANA KUSUMA
Date Deposited: 24 Dec 2025 04:19
Last Modified: 24 Dec 2025 04:19
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/20065

Actions (login required)

View Item View Item