Fitri, Sharla Martiza (2025) Peran Promosi Melalui Influencer Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Kuy Studio Cabang Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
|
Text
934102820_Prabab.pdf Download (823kB) |
|
|
Text
934102820_bab1.pdf Download (472kB) |
|
|
Text
934102820_bab2.pdf Download (416kB) |
|
|
Text
934102820_bab3.pdf Download (321kB) |
|
|
Text
934102820_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) |
|
|
Text
934102820_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
|
|
Text
934102820_bab6.pdf Download (291kB) |
|
|
Text
934102820_daftarpustaka.pdf Download (393kB) |
|
|
Text
934102820_persetujuan publikasi.pdf Download (481kB) |
Abstract
Perkembangan media sosial telah mengubah cara perusahaan dalam memasarkan produknya, termasuk melalui pemanfaatan influencer sebagai media promosi digital. Influencer dianggap mampu memengaruhi perilaku konsumen karena kedekatan emosional dan kepercayaan yang terbangun dengan para pengikutnya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya strategi promosi yang tepat dalam menghadapi persaingan bisnis digital, khususnya bagi pelaku industri kreatif seperti Kuy Studio Cabang Kediri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran promosi melalui influencer dalam meningkatkan penjualan pada Kuy Studio. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan sejauh mana efektivitas promosi melalui influencer dalam meningkatkan penjualan perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan pihak manajemen Kuy Studio, observasi terhadap aktivitas promosi di media sosial, serta dokumentasi berupa data penjualan dan konten promosi. Informan penelitian terdiri dari pemilik usaha dan beberapa influencer yang bekerja sama dengan Kuy Studio. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi melalui influencer memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan penjualan Kuy Studio, terutama sejak strategi ini diterapkan secara rutin pada awal tahun 2024. Influencer tidak hanya berperan dalam memperkenalkan produk, tetapi juga membangun citra positif dan menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan konsumen. Komunikasi dua arah antara influencer dan pihak perusahaan juga menjadi faktor penting dalam menjaga efektivitas kampanye promosi. Dengan demikian, promosi melalui influencer terbukti menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan performa penjualan, khususnya dalam industri kreatif yang mengandalkan interaksi digital.
| Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | SHARLA MARTIZA FITRI |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 06:39 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 06:39 |
| URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/20060 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
