Implementasi Analisis SWOT dalam Upaya Peningkatan Pendapatan pada AW Clean And Care Kota Madiun

Purnomo, Adella Wahyu (2025) Implementasi Analisis SWOT dalam Upaya Peningkatan Pendapatan pada AW Clean And Care Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21401163_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21401163_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text
21401163_bab2.pdf

Download (309kB)
[img] Text
21301163_bab3.pdf

Download (387kB)
[img] Text
21401163_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text
21401163_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
21401163_bab6.pdf

Download (149kB)
[img] Text
21401163_daftarpustaka.pdf

Download (376kB)
[img] Text
21401163_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
21401163_SP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)

Abstract

Purnomo, Adella Wahyu. 2025. Implementasi Analisis SWOT dalam Upaya Peningkatan Pendapatan pada AW Clean And Care Kota Madiun. Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Dosen Pembimbing Ibu Siska Yulia Weny, M.Ak, dan Bapak Ghulam Falach, L.c, M.Ag. Kata Kunci: Implementasi, Analisis SWOT, Peningkatan Pendapatan. Analisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan guna memaksimalkan kekuatan (strength) serta peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weaknesses) maupun ancaman (threats). Analisis SWOT dapat menjadi landasan strategi usaha untuk meningkatkan pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi analisis SWOT dalam upaya peningkatan pendapatan pada AW Clean And Care Kota Madiun Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis SWOT menjadi landasan strategis pendirian usaha AW Clean And Care Kota Madiun. Implementasi analisis SWOT pada AW Clean And Care Kota Madiun, dari segi strength, yaitu: berpengalaman sejak tahun 2016, berkomitmen mutu layanan kebersihan sepatu, lokasinya yang strategis, memiliki bahan baku pencuci berkualitas, sistem pembayaran bisa melalui tunai maupun non-tunai. Segi weaknesses, yaitu: masih berfokus pada cuci dan perawatan Sepatu, belum aktif dalam kegiatan pemasaran offline, belum maksimal dalam pemasaran produk sabun dan parfum melalui marketplace, laporan keuangan masih sederhana, Segi opportunities, yaitu: memiliki jumlah pengikut Instagram yang besar, eksperimen menjual parfum, adanya tren permintaan sneakers, gaya hidup yang praktis. Sedangkan threats, seperti: banyaknya pesaing baru dengan promosi lebih maksimal. ulasan buruk pelanggan yang dapat merusak reputasi, ekonomi masyarakat yang tidak stabil dan kenaikan harga bahan baku. Implementasi analisis SWOT dalam upaya peningkatan pendapatan pada AW Clean And Care Kota Madiun yaitu dengan menggunakan strategi (SO), seperti: menawarkan paket bundling perawatan sepatu dan pewangi berkualitas, promosi keunggulan lokasi dan layanan melalui instagram dengan target adanya tren sneakers, ikut aktif promosi dan menjalin interaksi dengan konsumen di instagram dengan memanfaatkan tren, membuat konten tentang pentingnya kebersihan sepatu yang disertai penawaran harga yang terjangkau, menawarkan kemudahan pembayaran melalui tunai maupun non tunai sebagai daya tarik dari gaya hidup praktis pada masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Adella Wahyu Purnomo
Date Deposited: 17 Dec 2025 03:24
Last Modified: 17 Dec 2025 03:24
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/20055

Actions (login required)

View Item View Item