Salsabiilaa, Bintan (2025) Manajemen Kurikulum Dalam Mendukung Program Adiwiyata Untuk Membentuk Karakter Peduli Lingkungan di SMP Negeri 4 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
|
Text
21205115_prabab.pdf Download (350kB) |
|
|
Text
21205115_bab1.pdf Download (227kB) |
|
|
Text
21205115_bab2.pdf Download (234kB) |
|
|
Text
21205115_bab3.pdf Download (210kB) |
|
|
Text
21205115_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) |
|
|
Text
21205115_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
|
|
Text
21205115_bab6.pdf Download (106kB) |
|
|
Text
21205115_daftarpustaka.pdf Download (204kB) |
|
|
Text
21205115_publikasi.pdf Download (125kB) |
Abstract
ABSTRAK BINTAN SALSABIILAA, Dosen Pembimbing Nurul Huda Purnomo, M.Pd., dan Puspoko Ponco Ratno, M.T., Manajemen Kurikulum Dalam Mendukung Program Adiwiyata Untuk Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Di SMP Negeri 4 Kediri. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025. Kata kunci: Manajemen Kurikulum, Program Adiwiyata, Karakter Peduli Lingkungan. Lingkungan perlu dijaga melalui pendidikan sejak dini. Program Adiwiyata mendorong integrasi nilai lingkungan ke dalam kurikulum dan kegiatan sekolah guna membentuk karakter peduli keberlanjutan. Penelitian ini menggambarkan integrasi tersebut sebagai dasar kebijakan pendidikan berkelanjutan. Alasan peneliti menjadikan SMP Negeri 4 untuk lokasi penelitian ialah SMP Negeri 4 telah menerapkan Kurikulum berbasis Lingkungan Hidup dengan sukses sehingga mendapat predikat “Sekolah Adiwiyata Mandiri” dan dapat di jadikan motivasi bagi sekolah lain untuk menerapkan Adiwiyata dan di integrasikan ke dalam kurikulum, untuk memberikan gambaran yang nyata mengenai pengintegrasian materi pendidikan lingkungan hidup ke dalam mata pelajaran serta dapat menjadi acuan dalam pengembangan kebijakan pendidikan berbasis lingkungan berkelanjutan. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk menguraikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta evaluasi kurikulum dalam mendukung program adiwiyata untuk membentuk karakter peduli lingkungan. Dalam hal ini, seluruh tahapan perlu di laksanakan dengan baik agar tercapai tujuan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yakni dengan memperoleh sumber data dari wakil kepala sekolah, waka kurikulum, pembina adiwiyata, guru pengampu mata pelajaran serta peserta didik di SMP Negeri 4 Kediri, kemudian di lanjutkan dengan pengumpulan data yang menggunakan beberapa metode yakni observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian yang di lakukan, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa Perencanaan kurikulum meliputi menentukan tujuan integrasi kurikulum dalam program adiwiyata, menyelaraskan visi dan misi sekolah, identifikasi kebutuhan, merencanakan pelatihan untuk warga sekolah, menjalin kerjasama dengan stakeholder, penyusunan rencana pembelajaran berbasis lingkungan. Kedua, Pengorganisasian meliputi, pengorganisasian kurikulum dan pengorganisasian tim adiwiyata. Ketiga, pelakasanaan meliputi integrasi pendidikan lingkungan ke dalam kurikulum, hambatan dan solusi dalam penerapan karakter peduli lingkungan, penerapan metode pembelajaran berbasis lingkungan, kegiatan ekstrakulikuler yang mendukung kurikulum berbasis lingkungan, pembiasaan peserta didik untuk menghemat air dan energi. Yang terakhir iailah evaluasi, meliputi evaluasi kurikulum dan evaluasi program adiwiyata.
| Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | BINTAN SALSABIILAA |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 06:44 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 06:44 |
| URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/20052 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
