Implementasi Program Belajar “Syawir” dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri di Pesantren Queen Al Falah Mojo Kediri

Fiqri, Rizal Faturohim (2025) Implementasi Program Belajar “Syawir” dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri di Pesantren Queen Al Falah Mojo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, UIN Syekh Wasil Kediri.

[img] Text
932117520_prabab.pdf

Download (515kB)
[img] Text
932117520_bab1.pdf

Download (269kB)
[img] Text
932117520_bab2.pdf

Download (323kB)
[img] Text
932117520_bab3.pdf

Download (124kB)
[img] Text
932117520_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text
932117520_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
932117520_bab6.pdf

Download (157kB)
[img] Text
932117520_daftar pustaka.pdf

Download (170kB)
[img] Text
932117520_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
932117520_Form Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi Program Belajar "Syawir" dalam meningkatkan motivasi belajar santri di Pondok Pesantren Queen Al Falah Mojo Kediri. Urgensi penelitian ini berangkat dari pentingnya peran pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan yang tidak hanya mempertahankan tradisi keilmuan Islam, tetapi juga mengintegrasikan ilmu pengetahuan kontemporer. Program "Syawir" merupakan metode pembelajaran yang melibatkan diskusi dan musyawarah antar santri, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan aktif dalam proses belajar. Penelitian ini fokus pada karakteristik, implementasi, dan dampak program tersebut terhadap motivasi belajar santri, berdasarkan teori-teori pembelajaran dan konsep motivasi belajar dalam konteks pendidikan pesantren. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan lokasi penelitian di Pondok Pesantren Queen Al Falah Mojo Kediri. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, dengan teknik analisis data menggunakan metode triangulasi untuk memastikan keabsahan data. Proses pengolahan data melibatkan beberapa tahapan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga memanfaatkan metode partisipasi aktif dari santri sebagai subjek penelitian, di mana data dikumpulkan dan dianalisis secara sistematis sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Karakteristik Program Belajar "Syawir" di Pondok Pesantren Queen Al Falah Mojo Kediri mencakup kegiatan belajar umum yang memfasilitasi refleksi hasil belajar santri serta mempersiapkan pembelajaran formal, dengan suasana yang dinamis, egaliter, dan demokratis. (2) Implementasi Program Belajar "Syawir" menitikberatkan pada peran aktif antar santri, di mana setiap anggota kamar berkesempatan menjadi ketua syawir yang memimpin forum secara bergantian, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang saling mendukung. (3) Peningkatan motivasi belajar santri terlihat dari antusiasme yang lebih tinggi selama proses belajar, dorongan emosional dan kepedulian antar santri, serta kesadaran akan tanggung jawab belajar. Program ini berhasil menciptakan forum belajar informal yang demokratis, memungkinkan santri lebih leluasa berekspresi dan berpartisipasi, serta menumbuhkan semangat belajar yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: RIZAL FATURROHIM FIQRI
Date Deposited: 09 Dec 2025 01:27
Last Modified: 09 Dec 2025 01:27
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19941

Actions (login required)

View Item View Item