Strategi Pengembangan Bisnis Berbasis Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Pendapatan Perusahaan (Studi di CV. Kirana Kejora Kecamatan Mojoroto Kota Kediri)

Maharani, Cantika Dewi (2025) Strategi Pengembangan Bisnis Berbasis Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Pendapatan Perusahaan (Studi di CV. Kirana Kejora Kecamatan Mojoroto Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21401171_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21401171_bab1.pdf

Download (823kB)
[img] Text
21401171_bab2.pdf

Download (964kB)
[img] Text
21401171_bab3.pdf

Download (785kB)
[img] Text
21401171_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21401171_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB)
[img] Text
21401171_bab6.pdf

Download (649kB)
[img] Text
21401171_daftarpustaka.pdf

Download (770kB)
[img] Text
21401171_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
21401171_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (182kB)

Abstract

Cantika Dewi Maharani. Dosen Pembimbing I Dr. H. Ahmad Syakur, Lc., M.EI dan Dosen Pembimbing II Vina Septiana Permatasari, S.EI., M.SEI. Strategi Pengembangan Bisnis Berbasis Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Pendapatan Perusahaan (Studi di CV. Kirana Kejora Kecamatan Mojoroto Kota Kediri). Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Kediri, 2025. Kata Kunci: Strategi Pengembangan Bisnis, Ekonomi Kreatif, Pendapatan Perusahaan. Dalam dunia bisnis, strategi memegang peranan penting dalam mengembangkan usaha agar mampu bertahan di tengah persaingan yang semakin ketat. Di Kota Kediri, khususnya pada usaha CV. Kirana Kejora yang bergerak di bidang jasa pembuatan souvenirs dan undangan pernikahan, strategi bisnis dan pengembangan ekonomi kreatif menjadi faktor utama dalam menjaga keberlangsungan dan peningkatan pendapatan usaha. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi pengembangan bisnis berbasis ekonomi kreatif dalam meningkatkan pendapatan pada CV. Kirana Kejora. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dengan pemilik, pimpinan dan karyawan CV. Kirana Kejora, serta dokumentasi terkait proses bisnis dan produk yang ditawarkan. Keabsahan data diperoleh melalui teknik triangulasi sumber serta analisis data yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) CV. Kirana Kejora menerapkan strategi pengembangan bisnis berbasis ekonomi kreatif yang komprehensif dengan fokus pada strategi pemasaran, strategi produksi, strategi teknologi, strategi kreativitas dan inovasi, strategi peningkatan kualitas SDM, kemitraan strategis, pengembangan jaringan dan strategi persaingan. CV. Kirana Kejora menerapkan strategi berupa memperluas jangkauan pemasaran, mengembangkan kapasitas produksi, optimalisasi teknologi terkini, menerapkan strategi diversifikasi dan inovasi produk, mengadakan pelatihan informal bagi karyawan, menjalin kemitraan strategis dengan berbagai pihak, mengikuti berbagai event dan komunitas, serta komitmen terhadap kualitas produk yang tinggi dan penetapan harga yang kompetitif. (2) Strategi Pengembangan Bisnis CV. Kirana Kejora terbukti berhasil berperan secara signifikan terhadap peningkatan pendapatan perusahaannya. Dengan fokus pada delapan strategi utama, CV. Kirana Kejora berhasil meningkatkan pendapatan perusahaan mereka secara signifikan dalam kurun waktu empat tahun terakhir, dengan total pendapatan dari Rp. 43.755.044 pada tahun 2021 naik menjadi Rp. 55.574.129 di tahun 2022, naik lagi menjadi Rp. 66.400.586 pada tahun 2023 dan pada tahun 2024 total pendapatan CV. Kirana Kejora mengalami kenaikan lagi menjadi Rp. 79.493.379.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: CANTIKA DEWI MAHARANI
Date Deposited: 05 Dec 2025 03:17
Last Modified: 05 Dec 2025 03:17
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19880

Actions (login required)

View Item View Item