Pengembangan Media EDUP (Energi dan Perubahannya) Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kleas III MI Unggulan Al Hikmah Nganjuk

Nisak, Nisa Akmalun (2025) Pengembangan Media EDUP (Energi dan Perubahannya) Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kleas III MI Unggulan Al Hikmah Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, UIN Syekh Wasil Kediri.

[img] Text
21206047_prabab.pdf

Download (993kB)
[img] Text
21206047_bab1.pdf

Download (665kB)
[img] Text
21206047_bab2.pdf

Download (794kB)
[img] Text
21206047_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21206047_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
21206047_bab5.pdf

Download (340kB)
[img] Text
21206047_daftar_pustaka .pdf

Download (402kB)
[img] Text
21206047_pernyataan upload karya ilmiah.pdf

Download (413kB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan suatu alat atau sarana pembelajaran yang dimanfaatkan dalam kegiatan belajar mengajar untuk mempermudah penyampaian materi. Latar belakang penelitian ini karena kurangnya media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran di kelas. Sehingga kegiatan pembelajaran peserta didik kelas III MI Unggulan Al Hikmah pada materi energi dan perubahannya kurang maksimal. Adapun guru dalam kegiatan pembelajaran hanya menggunakan buku paket sebagai medianya dan kurangnya ketertarikan peserta didik pada materi yang diajarkan. Hal tersebut menyebabkan kurang maksimalnya hasil belajar peseta didik terhadap materi energi dan perubahannya. Maka dari itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran interaktif EDUP berbasis android. Tujuan dari media pembelajaran ini yaitu untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media EDUP berbasis android untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III MI Unggulan Al Hikmah Nganjuk pada semester ganjil. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu, Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Developmen), Implementasi (Implementasi), dan Evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini yaitu, ahli materi, ahli media, ahli soal pretest posttest, dan ahli pembelajaran. Metode pengumpulan data dilakukan yaitu melalui observasi, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pada validasi ahli materi, keduanya menyimpulkan bahwa materi dalam media sangat layak digunakan digunakan dalam proses pembelajaran dengan nilai rata-rata penilaian validasi sebesar 94%. Validasi ahli media, keduanya menyimpulkan bahwa materi dalam media sangat layak digunakan digunakan dalam proses pembelajaran dengan nilai rata-rata penilaian validasi sebesar 97%. Validasi ahli soal pretest posttest dengan penilaian sebesar 80%, masuk pada kategori sangat layak dan yang terakhir validasi ahli pembelajaran dengan nilai sebesar 98%, masuk pada kategori sangat layak. (2) setelah mengetahui bahwa media yang dikembangkan mencapai kriteria sangat layak digunakan. Maka peneliti melakukan pretest posttest untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran pada saat diimplementasikan kepada peserta didik. Pada uji coba pretest mendapatkan hasil nilai rata-rata sebesar 57,5% dengan kriteria N-Gain score diantara 56%-75% cukup efektif. Setelah melakukan uji pretest, peneliti melanjutkan dengan uji posttest yang mendapatkan hasil rata-rata sebesar 90% dengan kriteria N-Gain score >76% efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing (Teknologi Pendidikan dan Komputasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NISA AKMALUN NISAK
Date Deposited: 04 Dec 2025 07:06
Last Modified: 04 Dec 2025 07:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19841

Actions (login required)

View Item View Item