Manajemen Pembelajaran Kelas IV Dan V Berbasis Diferensiasi Di SD Muhammadiyah 1 Ngadiluwih

Salavi, Toyyibatu (2025) Manajemen Pembelajaran Kelas IV Dan V Berbasis Diferensiasi Di SD Muhammadiyah 1 Ngadiluwih. Undergraduate (S1) thesis, UIN Syekh Wasil Kediri.

[img] Text
21205046_prabab.pdf

Download (675kB)
[img] Text
21205046_bab1.pdf

Download (237kB)
[img] Text
21205046_bab2.pdf

Download (192kB)
[img] Text
21205046_bab3.pdf

Download (132kB)
[img] Text
21205046_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text
21205046_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
21205046_bab6.pdf

Download (2MB)
[img] Text
21205046_daftarpustaka.pdf

Download (124kB)
[img] Text
21205046_lembarpersetujuanpernyataanpublikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan implementasi Kurikulum Merdeka, manajemen kelas yang mampu mengakomodasi keberagaman peserta didik menjadi krusial. Pendekatan pembelajaran berdiferensiasi menawarkan solusi dengan menyesuaikan konten, proses, produk, dan lingkungan belajar sesuai kebutuhan, minat, serta profil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini difokuskan untuk menganalisis perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan manajemen kelas berbasis diferensiasi di SD Muhammadiyah 1 Ngadiluwih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data primer diperoleh dari observasi, wawancara dengan kepala sekolah dan guru kelas IV dan V, serta dokumentasi berupa RPP dan perangkat ajar lainnya. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber dan teknik , sementara analisis data dilakukan secara interaktif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan dimulai dengan identifikasi kemampuan dan karakteristik siswa yang menjadi dasar penyusunan Prota, Promes, RPP, dan struktur organisasi kelas. (2) Pengorganisasian dilakukan dengan membentuk kelompok belajar heterogen, menerapkan sistem rotasi tempat duduk (misalnya auto roll position di kelas IV) untuk menghindari kejenuhan, serta menyusun jadwal dan peraturan kelas secara partisipatif. (3) Pelaksanaan melibatkan penggunaan media yang beragam sesuai gaya belajar, penyesuaian materi dan tugas berdasarkan minat siswa, serta pemberian penguatan positif ; observasi menunjukkan adanya diferensiasi konten, proses, dan produk. (4) Pengawasan dilakukan oleh kepala sekolah melalui supervisi akademik yang objektif dan komprehensif, meliputi telaah RPP, observasi kelas, dan tindak lanjut berupa pendampingan. Ditemukan pula kendala berupa belum semua guru memahami konsep diferensiasi dan dinamika gaya belajar siswa yang menuntut observasi berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: TOYYIBATU SALAVI
Date Deposited: 10 Dec 2025 06:35
Last Modified: 10 Dec 2025 06:35
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19819

Actions (login required)

View Item View Item