Nur'aini, Sri Ida (2025) ANALISIS FAKTOR SOSIAL YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MAN 5 KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, UIN Syekh Wasil Kediri.
|
Text
21105038_ Prabab.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
21105038_ Bab 1.pdf Download (283kB) |
|
|
Text
21105028_ Bab 2.pdf Download (301kB) |
|
|
Text
21105038_ Bab 3.pdf Download (267kB) |
|
|
Text
21105038_ Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (738kB) |
|
|
Text
21105038_ Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
|
|
Text
21105038_ Bab 6.pdf Download (184kB) |
|
|
Text
21105038_ Daftar Pustaka.pdf Download (255kB) |
|
|
Text
21105038_ Pernyataan Upluade Karya Ilmia.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan bagian penting dalam pengembangan potensi individu agar bida beradaptasi dengan lingkungan. Pendidikan ialah aset bagi suatu bangsa untuk bisa terus maju dan berkembang sesuai dengan keadaan yang terus berjalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor sosial yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa kelas X MAN 5 Kediri. Motivasi belajar merupakan salah satu hal yang penting dalam dunia pendidikan yang bisa menentukan keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan akademik mereka. Namun, fenomena rendahnya motivasi belajar menjadi masalah yang serius yang terjadi di berbagai sekolah, termasuk di MAN 5 Kediri. Fenomena rendahnya motivasi belajar di atas di tunjukan dengan perilaku siswa yang terlambat mengerjakan tugas, kepekaan dalam belajar dan sering tidak masuk atau kehadiran mereka sekolah tidak bisa konsisten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap sumber penelitian. Subjek penelitian dipilih secara Purposive dengan mempertimbangkan indikator rendahnya motivasi belajar serta pengaruh dari faktor sosial/ dengan kriteria yang bisa menunjukkan bahwa seseorang tersebut memiliki motivasi belajar yang rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor sosial yang mempengaruhi motivasi belajar yang signifikan yaitu dari minimnya dukungan sosial dan lingkungan belajar yang kurang mendukung itu menjadi hal yang memiliki pengaruh terhadap rendahnya motivasi belajar siswa. Serta hal itu di dukung dengan adanya tujuan belajar yang bersifat umum atau tidak jelas, cita-cita/impian yang tidak sesuai dengan ke nyata dan manajemen waktu yang teratur. Dalam kerangka teori dari Talcott Parsons, dan B.F Skinner. Motivasi belajar siswa berkaitan dengan pencapaian tujuan pendidikan serta menekankan hukuman dan penguatan dalam membentuk perilaku siswa dalam belajar.
| Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY (Studi Kemasyarakatan, incl : sosiologi) > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education |
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Sosiologi Agama |
| Depositing User: | SRI IDA NUR`AINI |
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 04:11 |
| Last Modified: | 27 Nov 2025 04:11 |
| URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19731 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
