Laili, Siti Aminatul (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Indonesiaku Kaya Budaya Kelas IV MI Riyadlotul ‘Uqul Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, UIN Syekh Wasil Kediri.
|
Text
21206082_prabab.pdf Download (380kB) |
|
|
Text
21206082_bab1.pdf Download (201kB) |
|
|
Text
21206082_bab2.pdf Download (312kB) |
|
|
Text
2120682_bab3.pdf Download (244kB) |
|
|
Text
21206082_bab4.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
21206082_bab5.pdf Download (81kB) |
|
|
Text
21206082_daftarpustaka.pdf Download (181kB) |
|
|
Text
21206082_lampiran.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
21206082_surat pernyataan upload.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
Abstract
Pengembangan media pembelajaran Fun Thinkers Book materi Indonesiaku Kaya Budaya pada mata pelajaran IPAS adalah sebuah sarana dalam peningkatan minat belajar peserta didik kelas IV MI Riyadlotul ‘Uqul Kabupaten Kediri. Penelitian dan pengembangan dilatarbelakangi pada fenomena yang terjadi di dalam kelas IV MI Riyadlotul ‘Uqul Kabupaten Kediri yaitu sistem pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPAS di kelas IV MI Riyadlotul ‘Uqul masih bersifat monoton dan kurang menarik, minat belajar peserta didik yang rendah dilihat dari kurangnya semangat belajar, serta minimnya penggunaan media pembelajaran yang bervariasi, hal tersebut berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti terhadap guru kelas IV MI Riyadlotul ‘Uqul kabupaten Kediri. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) Membuat pengembangan media pembelajaran Fun Thinkers Book dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi Indonesiaku Kaya Budaya kelas IV MI Riyadlotul ‘Uqul Kabupaten Kediri 2) Mengetahui kelayakan media Fun Thinkers Book dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi Indonesiaku Kaya Budaya kelas IV MI Riyadlotul ‘Uqul Kabupaten Kediri 3) Mengetahui Keefektifan media Fun Thinkers Book dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi Indonesiaku Kaya Budaya kelas IV MI Riyadlotul ‘Uqul Kabupaten Kediri. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian Research and Development (RnD) dengan menggunakan model penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Subjek uji coba produk dalam penelitian dan pengembangan ini adalah peserta didik kelas IV MI Riyadlotul ‘Uqul Kabupaten Kediri dengan jumlah peserta didik sebanyak 31 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli media, ahli materi, respon peserta didik terhadap media, angket minat belajar sebelum dan sesudah menggunakan media. Hasil dari penelitian dan pengembangan media pembelajaran Fun Thinkers Book pada uji coba kelayakan ahli media diperoleh persentase sebesar 92,8% dengan kategori “Sangat Layak” dan ahli materi memperoleh 80% dengan kategori “Layak”. Sedangkan untuk efektifitas media pembelajaran didapatkan berdasarkan uji coba skala pada uji t paired sample test, diperoleh hasil thitung sebesar -49.932 dengan signifikansi (p-value) sebesar < 0.001. Karena nilai p<0,05,maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh minat belajar yang signifikan pada peserta setelah menggunakan media Fun Thinkers Book. Kemudian berdasarkan hasil uji N-gain menunjukkan bahwa nilai N-gain 0,74 > 0,7. Hal tersebut menunjukkan bahwa efektifitas penggunaan media pembelajaran Fun Thinkers Book untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV MI Riyadlotul ‘Uqul Kabupaten Kediri tergolong tinggi.
| Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | SITI AMINATUL LAILI |
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 02:00 |
| Last Modified: | 27 Nov 2025 02:00 |
| URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19729 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
