Analisis Konten Instagram @arabiyahtalks sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Perspektif Anang Fathoni

Fadli, Alfan Nuril (2025) Analisis Konten Instagram @arabiyahtalks sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Perspektif Anang Fathoni. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21203017_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21203017_bab1.pdf

Download (797kB)
[img] Text
21203017_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text
21203017_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
21203017_bab4.pdf

Download (497kB)
[img] Text
21203017_daftarpustaka.pdf

Download (546kB)
[img] Text
21203017_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)
[img] Text
21203017_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (188kB)

Abstract

Alfan Nuril Fadli, Analisis Konten Instagram @arabiyahtalks Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab,. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, Dosen Pembimbing 1. M. Syamsul Ma’arif, M.Pd. I. Dosen pembimbing 2. Moh. Sholeh Afyuddin, M.Pd. Kata Kunci: Instagram, Media Pembelajaran, Bahasa Arab Pendidikan merupakan fondasi utama dalam pengembangan potensi individu dan kemajuan masyarakat. Seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang begitu pesat, pembelajaran juga mengalami transformasi yang signifikan. Era digital telah membuka pintu menuju pembelajaran yang lebih interaktif, inklusif, dan relevan dengan kebutuhan zaman. Media sosial adalah alat bantu yang digunakan dalam menyampaikan informasi dari seseorang kepada seseorang atau kelompok orang dan untuk mencapai tujuan individu maupun tujuan kelompok. Salah satu media sosial yang digandrungi serta banyak peminatnya di Indonesia adalah instagram. Bahasa Arab merupakan salah satu pelajaran dalam sistem pendidikan di Indonesia. Penggunaan bahasa Arab dalam pembelajaran, terdapat beragam metode, cara, serta media yang digunakan, Terlebih di zaman modern ini. Pembelajaran bahasa Arab tak lagi hanya terpaku pada cara-cara clasik serta konvensional, dapat dilaksanakan secara lebih fleksibel, serta untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dilapangan yang ada. Di era digital ini, akun Instagram dapat digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Arab, seperti akun @arabiyahtalks. Sebab konten yang diupload berkaitan dengan keterampilan bahasa Arab. Maka penelitian ini ingin mengetahui: analisis konten Instagram @arabiyahtalks sebagai media pembelajaran bahasa Arab. Dalam penulisan penelitian ini, jenis metode penelitian yang dipakai merupakan jenis riset kepustakaan (library research). Riset kepustakaan atau sering juga disebut studi pustaka, ialah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa akun Instagram @arabiyahtalks ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Arab. Sebab dalam beberapa konten yang ditampilkan telah memenuhi kriteria khusus dan karakteristik dari media pembelajaran itu sendiri. Dalam konten yang ditampilkan dapat juga digunakan sebagai penunjang dalam maharah bahasa Arab. Sebab tidak semua konten dalam akun tersebut dapat dijadikan media dalam maharah bahasa Arab. Peneliti hanya menyarankan untuk menggunakan konten dalam akun Instagram @arabiyahtalks sebagai media maharah istima’ dan kalam. Meskipun hanya 2 maharah yang disarankan, akan tetapi tidak menyampingkan konten yang lain yang dapat digunakan sebagai penunjang 2 maharah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ALFAN NURIL FADLI
Date Deposited: 26 Nov 2025 04:25
Last Modified: 26 Nov 2025 04:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19689

Actions (login required)

View Item View Item