Pengelolaan Pasar Tradisonal Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen di Pasar Sukomoro Kabupaten Nganjuk

LYRALLZA, AMANDA (2025) Pengelolaan Pasar Tradisonal Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen di Pasar Sukomoro Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934125819_prabab.pdf

Download (527kB)
[img] Text
934125819_bab1.pdf

Download (467kB)
[img] Text
934125819_bab2.pdf

Download (538kB)
[img] Text
934125819_bab3.pdf

Download (485kB)
[img] Text
934125819_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[img] Text
934125819_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
934125819_bab6.pdf

Download (191kB)
[img] Text
934125819_daftarpustaka.pdf

Download (195kB)
[img] Text
934125819_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
934125819_lembarpernyataan.pdf

Download (58kB)

Abstract

Pasar tradisional merupakan salah satu wadah utama kegiatan muamalah yang memiliki potensi besar dalam meningkatkan ekonomi rakyat. Oleh karena itu, pengelolaan pasar tradisional menjadi penting agar mampu berubah dari kesan kumuh dan tidak teratur menjadi lebih bersih, nyaman, dan terorganisir. Pemerintah memiliki tanggung jawab dalam menyediakan pelayanan publik melalui pengelolaan pasar, dengan tujuan utama meningkatkan kepuasan masyarakat, baik pedagang maupun konsumen. Jika pengelolaan tidak dilakukan secara efektif dan efisien, maka dapat menimbulkan ketidakpuasan karena ketidakseimbangan antara kewajiban dan hak. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk menjelaskan pengelolaan Pasar Tradisional Sukomoro Kabupaten Nganjuk, (2) Untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen pada Pasar Sukomoro Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif untuk menggambarkan fenomena pengelolaan Pasar Sukomoro Kabupaten Nganjuk secara mendalam. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber untuk memastikan kebenaran informasi. Penelitian ini dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu pra lapangan, pengumpulan data di lapangan, analisis data, dan penulisan laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara manajerial, Pasar Sukomoro telah menerapkan fungsi-fungsi manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sesuai teori George R. Terry. Namun, pelaksanaannya masih belum optimal, terutama dalam aspek partisipasi, transparansi, dan kontrol mutu. Di sisi lain, tingkat kepuasan konsumen masih terganggu oleh beberapa faktor seperti kebersihan lingkungan, fasilitas umum, sistem keamanan dan zonasi, serta pelayanan pengelola yang belum maksimal. Meskipun begitu, sikap pedagang yang ramah dan harga yang terjangkau menjadi nilai positif bagi konsumen. Oleh karena itu, diperlukan strategi pengelolaan pasar yang lebih terstruktur, akuntabel, dan berorientasi pada kepuasan konsumen guna menjadikan pasar tradisional sebagai pusat ekonomi rakyat yang berdaya saing.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Amanda Lyrallza
Date Deposited: 04 Dec 2025 03:54
Last Modified: 04 Dec 2025 03:54
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19661

Actions (login required)

View Item View Item