Strategi Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dan Siswa Autis Dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas Inklusi SDN Betet 1 Kota Kediri

Oktaliana, Hamidah (2025) Strategi Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dan Siswa Autis Dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas Inklusi SDN Betet 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933504918_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933504918_bab1.pdf

Download (499kB)
[img] Text
933504918_bab2.pdf

Download (604kB)
[img] Text
933504918_bab3.pdf

Download (307kB)
[img] Text
933504918_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
933504918_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text
933504918_bab6.pdf

Download (204kB)
[img] Text
933504918_daftarpustaka.pdf

Download (269kB)
[img] Text
933504918_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
933504918_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (187kB)

Abstract

Oktaliana, Hamidah. Dosen Pembimbing Siti Amanah, M.Si. dan Fidia Astuti, M.Psi, Strategi Komunikasi Interpersonal Antara Guru dan Siswa Autis dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas Inklusi SDN Betet 1 Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, 2025. Kata Kunci: Komunikasi interpersonal, Strategi, Guru, Siswa autis, Hasil belajar Komunikasi interpersonal merupakan komunikasi yang terjadi antara individu dengan individu lainnya. Penelitian ini dilakukan karena guru melihat siswa autis memiliki kesulitan berkomunikasi dengan guru dan orang lain maka dari itu diperlukan adanya strategi komunikasi interpersonal yang dilakukan antara guru dan siswa autis untuk meningkatkan hasil belajar. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru kepada siswa dengan ketunaan autis tentu saja terdapat perbedaan anak normal umumnya. Pada penelitian skripsi yang dilakukan fokus pada penelitian ini adalah komunikasi interpersonal yang dilakukan guru dan siswa autis untuk meningkatkan hasil belajar di kelas Inklusi SDN Betet 1 Kota Kediri, faktor pendukung dan penghambat komunikasi interpersonal serta strategi guru saat mengajar dan berkomunikasi dengan siswa autis. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian diperoleh dari wawancara mendalam dengan 2 informan primer yaitu GPK yang mengajar di kelas inklusi dan 5 informan sekunder terdiri dari 2 GPK dari dinas pendidikan kota Kediri dan 3 orang tua siswa autis serta dari pengamatan, dokumentasi dan referensi yang relevan dengan penelitian. Teori yang digunakan untuk menganalisis pada penelitian ini merupakan teori Komunikasi Interpersonal Joseph A. Devito dengan pendekatan humanistik. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan memverifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh guru dan siswa autis di kelas Inklusi SDN Betet 1 Kota Kediri untuk meningkatkan hasil belajar cukup efektif. Sikap guru yang dapat terbuka terhadap kondisi siswa autis, adanya rasa empati, sikap mendukung, tetap bersikap positif dan bersikap setara sehingga hasil belajar siswa autis mengalami peningkatan. Faktor pendukung seperti adanya sarana komunikasi, lingkungan yang nyaman dan pemilihan bahasa yang tepat memainkan peran penting keberhasilan komunikasi yang terjadi. Faktor penghambat yaitu gangguan emosi, kemampuan komunikasi dan tidak konsisten orang tua. Strategi penyampaian materi dengan menyederhanakan tugas, pendampingan secara bergantian dan menggunakan media pendukung dapat membuat siswa autis memahami materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: HAMIDAH OKTALIANA
Date Deposited: 21 Nov 2025 06:35
Last Modified: 21 Nov 2025 06:35
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19658

Actions (login required)

View Item View Item