Pengaruh Discount Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Muslim di Marketplace Shopee (Studi Pada Santri Ma'had Al-Jami'ah Darul Hikmah IAIN Kediri)

Puspitasari, Fatma Dwi (2025) Pengaruh Discount Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Muslim di Marketplace Shopee (Studi Pada Santri Ma'had Al-Jami'ah Darul Hikmah IAIN Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21401100_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
21401100_bab1.pdf

Download (469kB)
[img] Text
21401100_bab2.pdf

Download (350kB)
[img] Text
21401100_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text
21401100_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text
21401100_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
21401100_bab6.pdf

Download (269kB)
[img] Text
21401100_daftarpustaka.pdf

Download (236kB)

Abstract

Discount adalah potongan harga yang diberikan penjual kepada pembeli dengan tujuan menarik minat, meningkatkan penjualan, atau menghabiskan stok barang. iscount membuat harga produk menjadi lebih rendah sehingga konsumen merasa lebih untung atau lebih mampu membeli barang tersebut. Karena itu, discount sering digunakan sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan daya tarik produk dan mendorong keputusan pembelian.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh discount terhadap keputusan pembelian produk fashion Muslim di marketplace Shopee (studi pada santri Ma’had Al-Jami’ah Darul Hikmah IAIN Kediri). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana discount di marketplace Shopee pada santri Ma’had Al-Jami’ah Darul Hikmah IAIN Kediri? 2) Bagaimana keputusan pembelian produk fashion Muslim oleh santri Ma’had Al-Jami’ah Darul Hikmah IAIN Kediri? 3) Apakah terdapat pengaruh discount terhadap keputusan pembelian produk fashion Muslim di marketplace Shopee? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 89 responden. Teknik analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji korelasi Pearson, analisis regresi linier sederhana, uji t, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Discount yang diberikan oleh Shopee termasuk dalam kategori cukup dengan rata-rata nilai sebesar 24,47 dan standar deviasi 2,817. 2) Keputusan pembelian produk fashion Muslim juga termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 41,53 dan standar deviasi 4,798. 3) Discount berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi 0,724 yang termasuk dalam kategori kuat. Hasil regresi linier sederhana menunjukkan koefisien regresi sebesar 1,233 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, serta thitung 9,783 > ttabel 1,987, yang berarti discount berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,524, yang berarti discount memberikan kontribusi sebesar 52,4% terhadap keputusan pembelian, sedangkan sisanya sebesar 47,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: FATMA DWI PUSPITASARI
Date Deposited: 17 Nov 2025 08:57
Last Modified: 17 Nov 2025 08:57
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19621

Actions (login required)

View Item View Item