Savela, Nana (2025) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PEMBIAYAAN MITRAGUNA (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KC Trade Center Tulungagung). Undergraduate (S1) thesis, UIN Syekh Wasil Kediri.
|
Text
20402070_prabab.pdf Download (912kB) |
|
|
Text
20402070_bab1.pdf Download (476kB) |
|
|
Text
20402070_bab2.pdf Download (499kB) |
|
|
Text
20402070_bab3.pdf Download (319kB) |
|
|
Text
20402070_bab4.pdf Download (488kB) |
|
|
Text
20402070_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
|
|
Text
20402070_bab6.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
|
|
Text
20402070_daftarpustaka.pdf Download (258kB) |
|
|
Text
20402070_lampiran.pdf Download (911kB) |
|
|
Text
surat publikasi skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
Abstract
NANA SAVELA, 2025. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pembiayaan Mitraguna (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KC Trade Center Tulungagung). Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Dosen pembimbing Dr. Muhamad Wildan Fawa’id, MEI dan Dr. Arif Zunaidi, S.H.I, M.E.I. Kata kunci : Strategi, Pemasaran, Pembiayaan, Mitraguna Skripsi ini adalah kajian ilmiah yang membahas mengenai startegi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan mitraguna pada BSI KC Trade Center Tulungagung. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu menjawab pertanyaan – pertanyaan bagaimana startegi pemasaran yang digunakan pada pembiayaan mitraguna pada BSI KC Trade Center Tulungagung dan bagaimanakah strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan mitraguna pada BSI KC Trade Center Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari manajer cabang, tim pemasaran, customer service, serta nasabah yang telah menggunakan produk Pembiayaan Mitraguna. Analisis data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan metode untuk memastikan validitas temuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan pada produk pembiayaan mitraguna pada BSI KC Trade Center Tulungagung adalah startegi product yaitu yang menawarkan produknya berbasis syariah, strategi price menawarkan promo menarik dan harga kompetitif dari bank konvensional, startegi place memanfaatkan lokasi yang strategis yang mudah diakses para calon nasabah, strategi promotion memanfaatkan strategi digital marketing, promosi langsung ke instansi dan open booth di event – event tertentu, strategi people perilaku dan sikap kinerja karyawan, strategi pyisical evidence ruangan kantor yang nyaman dan bersih, strategi procces yaitu pencairan dana yang cepat dan mudah. Strategi pemasaran untuk peningkatan jumlah nasabah pada pembiayaan mitraguna pada BSI KC Trade Center Tulungagungdilihat dari beberapa indikator, yaitu komunikator yang responsive dalam memasarkan produk, melayani nasabah serta melihat hambatan, reliability atau kemampuan perusahaan dalam mengambil solusi dari hambatan, kiat-kiat dan bukti fisik tanglebes yang dilakukan agar nasabah tetap menggunakan produk mitraguna, selanjutnya feedback dari nasabah dapat dilihat dari meningkatnya jumlahnasabah pembiayaan mitraguna dalam beberapa tahun terakhir.
| Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah |
| Depositing User: | Nana Savela |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 06:32 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 06:32 |
| URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19620 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
