Pengembangan Model Pembelajaran Hypnolearning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTsN 7 Madiun Kabupaten Madiun

MU’IN, MUHAMMAD BAHRUL (2024) Pengembangan Model Pembelajaran Hypnolearning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTsN 7 Madiun Kabupaten Madiun. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
22501015_Prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
22501015_Bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
22501015_Bab2.pdf

Download (801kB)
[img] Text
22501015_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text
22501015_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (985kB)
[img] Text
22501015_Bab5.pdf

Download (514kB)
[img] Text
22501015_Daftarpustaka.pdf

Download (435kB)
[img] Text
22501015_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (437kB)

Abstract

ABSTRAK MUHAMMAD BAHRUL MU’IN 2024. Pengembangan Model Pembelajaran Hypnolearning untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTSN 7 Madiun Kabupaten Madiun. Tesis. Program Pascasarjana. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Dosen Pembimbing I Dr. Muniron, M.Ag. dan Dosen Pembimbing II Dr. Rini Risnawita Suminta, M.Si. Penelitian ini bermula dari perhatian peneliti terhadap rendahnya minat belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 7 Madiun. Fenomena ini memotivasi peneliti untuk mengembangkan model pembelajaran hypnolearning sebagai solusi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) hambatan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak; 2) model hypnolearning yang efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa; 3) tahapan pengembangan dan implementasi model hypnolearning; dan 4) efektivitas model hypnolearning dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) level 3 dengan desain pre-test post-test control group. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTsN 7 Madiun, dengan pembagian kelas eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, wawancara, dan tes. Analisis data dilakukan secara kuantitatif menggunakan uji-t dan kualitatif dengan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hambatan utama dalam pembelajaran Akidah Akhlak adalah: a) rendahnya kepercayaan diri siswa; b) suasana kelas yang kurang kondusif; dan c) kesulitan memahami konsep abstrak;; 2) Model hypnolearning yang dikembangkan terdiri dari langkah-langkah: a) niat dan motivasi; b) pacing; c) leading; d) penggunaan kata-kata positif; e) pemberian pujian; dan f) modelling;; 3) Implementasi Model hypnolearning dikembangkan melalui empat tahapan utama: a) analisis awal potensi dan masalah; b) pengumpulan data; c) uji coba model di kelas eksperimen; dan d) revisi model berdasarkan hasil uji coba; dan 4) Efektivitas model hypnolearning teruji melalui analisis statistik, yang menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa di kelas eksperimen, dari rata-rata 36,03 pada pre-test menjadi 50,34 pada post-test, dibandingkan kelas kontrol yang hanya meningkat dari 46,00 menjadi 49,50. Minat belajar siswa juga meningkat berdasarkan hasil observasi dan angket. Model ini terbukti efektif dan dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak di MTsN 7 Madiun.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 13 Nov 2025 04:06
Last Modified: 13 Nov 2025 04:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19588

Actions (login required)

View Item View Item