Aprilina, Faridah Avberta (2025) Analisis Penerapan Balanced Scorecard Terhadap Kinerja Manajemen Gramedia Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
|
Text
21403156_prabab.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
21403156_bab1.pdf Download (562kB) |
|
|
Text
21403156_bab2.pdf Download (243kB) |
|
|
Text
21403156_bab3.pdf Download (384kB) |
|
|
Text
21403156_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
|
|
Text
21403156_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
|
|
Text
21403156_bab6.pdf Download (8kB) |
|
|
Text
21403156_daftarpustaka.pdf Download (250kB) |
|
|
Text
21403156_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (837kB) |
|
|
Text
21403156_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
Abstract
Bisnis retail di bidang buku mengalami persaingan yang semakin ketat, dikarenakan meningkatnya penjualan e-commerce. Di tengah tantangan ini, Gramedia Kediri menjadi salah satu toko buku yang masih mampu bertahan dan terus berinovasi. Untuk menjaga keberlanjutan dan meningkatkan kinerja, diperlukan sistem pengukuran yang tidak hanya berfokus pada aspek keuangan, tetapi juga aspek non keuangan. Balanced Scorecard menjadi pendekatan yang relevan karena mengukur kinerja secara menyeluruh melalui empat perspektif utama: keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan dan peran Balanced Scorecard terhadap kinerja manajemen Gramedia Kediri. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan wawancara kepada 16 karyawan dan 385 pelanggan Gramedia Kediri. Instrumen penelitian telah melalui uji validitas dan reliabilitas, serta dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan bantuan SPSS 23. Penerapan Balanced Scorecard di Gramedia Kediri terbukti memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kinerja manajemen secara menyeluruh. Melalui pendekatan empat perspektif, yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pertumbuhan dan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat perspektif tersebut berada dalam kategori baik, yang mencerminkan efektivitas strategi perusahaan dalam mencapai tujuan jangka pendek maupun jangka panjang. Balanced Scorecard tidak hanya berperan sebagai alat evaluasi, tetapi juga sebagai panduan strategis yang mendorong efisiensi, peningkatan kualitas layanan, loyalitas pelanggan, dan pengembangan sumber daya manusia. Dengan keterlibatan seluruh elemen organisasi dan penerapan yang sistematis, Gramedia Kediri mampu menjaga keberlanjutan bisnis serta meningkatkan daya saing di industri ritel.
Actions (login required)
![]() |
View Item |
