Analisis Penerapan Balanced Scorecard Terhadap Kinerja Manajemen Gramedia Kediri

Aprilina, Faridah Avberta (2025) Analisis Penerapan Balanced Scorecard Terhadap Kinerja Manajemen Gramedia Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21403156_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21403156_bab1.pdf

Download (562kB)
[img] Text
21403156_bab2.pdf

Download (243kB)
[img] Text
21403156_bab3.pdf

Download (384kB)
[img] Text
21403156_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
21403156_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
21403156_bab6.pdf

Download (8kB)
[img] Text
21403156_daftarpustaka.pdf

Download (250kB)
[img] Text
21403156_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)
[img] Text
21403156_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)

Abstract

Bisnis retail di bidang buku mengalami persaingan yang semakin ketat, dikarenakan meningkatnya penjualan e-commerce. Di tengah tantangan ini, Gramedia Kediri menjadi salah satu toko buku yang masih mampu bertahan dan terus berinovasi. Untuk menjaga keberlanjutan dan meningkatkan kinerja, diperlukan sistem pengukuran yang tidak hanya berfokus pada aspek keuangan, tetapi juga aspek non keuangan. Balanced Scorecard menjadi pendekatan yang relevan karena mengukur kinerja secara menyeluruh melalui empat perspektif utama: keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan dan peran Balanced Scorecard terhadap kinerja manajemen Gramedia Kediri. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan wawancara kepada 16 karyawan dan 385 pelanggan Gramedia Kediri. Instrumen penelitian telah melalui uji validitas dan reliabilitas, serta dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan bantuan SPSS 23. Penerapan Balanced Scorecard di Gramedia Kediri terbukti memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kinerja manajemen secara menyeluruh. Melalui pendekatan empat perspektif, yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pertumbuhan dan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat perspektif tersebut berada dalam kategori baik, yang mencerminkan efektivitas strategi perusahaan dalam mencapai tujuan jangka pendek maupun jangka panjang. Balanced Scorecard tidak hanya berperan sebagai alat evaluasi, tetapi juga sebagai panduan strategis yang mendorong efisiensi, peningkatan kualitas layanan, loyalitas pelanggan, dan pengembangan sumber daya manusia. Dengan keterlibatan seluruh elemen organisasi dan penerapan yang sistematis, Gramedia Kediri mampu menjaga keberlanjutan bisnis serta meningkatkan daya saing di industri ritel.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150301 Business Information Management (incl. Records, Knowledge and Information Management, and Intelligence)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: FARIDAH AVBERTA APRILINA APRILINA
Date Deposited: 13 Nov 2025 02:41
Last Modified: 13 Nov 2025 02:41
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19521

Actions (login required)

View Item View Item