تطوير منوذج التعلم التعاوين يف تعليم مهارة الكالم جبامعة سونن درجات اإلسالمية الموجنان

Rosikh, Fahrur (2024) تطوير منوذج التعلم التعاوين يف تعليم مهارة الكالم جبامعة سونن درجات اإلسالمية الموجنان. Doctoral (S3) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21531041_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21531041_bab2.pdf

Download (905kB)
[img] Text
21531041_bab3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21531041_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
21531041_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21531041_bab6.pdf

Download (483kB)
[img] Text
21531041_FAHRUR ROSIKH-Refrensi.pdf

Download (438kB)
[img] Text
21531041_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (178kB)

Abstract

ABSTRAK Fahrur Rosikh. 2024. Pengembangan model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran keterampilan berbicara di Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan. Program doktoral studi islam, Pascasarjana IAIN Kediri. Promotor I : Prof. Dr. H. Nur Ahid, M.Ag, Promotor II : Dr. Umar Faruq, M.Fil. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Pembelajaran Kooperatif, Keterampilan Berbicara Pembelajaran bahasa Arab, khususnya pada pembelajaran keterampilan berbicara di institut pesantren sunan drajat Lamongan mempunyai beberapa permasalahan dan tantangan yang harus diatasi. Sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran kooperatif dan mengetahui efektivitasnya dalam pengajaran keterampilan berbicara bahasa Arab di institut pesantren sunan drajat Lamongan. Rumusan penelitian ini terdiri dari: (1) Bagaimana pengembangan model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab di institut pesantren sunan drajat Lamongan? (2) Bagaimana model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab di institut pesantren sunan drajat Lamongan? (3) Seberapa efektifkah model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab di institut pesantren sunan drajat Lamongan? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan model ADDIE. Data penelitian terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif yang bersumber dari mahasiswa, dosen, dan ahli. adapun instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari wawancara, angket, dokumen, dan tes. Dan analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pengembangan model pembelajaran kooperatif didasarkan pada analisis kebutuhan pembelajaran berbicara bahasa arab di lapangan yang dikembangkan dengan mencakup lima unsur model pembelajaran, yaitu: langkah-langkah prosedural (syntax) model pembelajaran, sistem sosial model pembelajaran, prinsip respon model pembelajaran, sistem pendukung model pembelajaran, dan dampak pembelajaran. (2) Model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran berbicara yang dikembangkan memiliki sifat valid, praktis dan efektif. Validitas model memperoleh nilai 89,16 dengan predikat baik sekali, dan keprakitasn model memperoleh nilai 93,25 dengan pradikat baik sekali, sedangkan validitas model memperoleh nilai posttes 74,62 dengan pradikat baik. (3) Model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab di institut pesantren sunan darajat Lamogan efektif dan signifikan, terlihat dari hasil nilai post-test lebih besar dari pada hasil pre-test, dan juga dari nilai thitung sebesar 6,22 jauh lebih besar dari pada t-tabel 2.04.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Doctoral (S3))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Doktor Studi Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 04 Nov 2025 03:21
Last Modified: 04 Nov 2025 03:21
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19497

Actions (login required)

View Item View Item