Pengaruh antara Kepemimpinan, Komitmen Kerja, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah Penggerak dalam Naungan Al Azhar Syifa Budi

Sudarwati, Sudarwati (2024) Pengaruh antara Kepemimpinan, Komitmen Kerja, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah Penggerak dalam Naungan Al Azhar Syifa Budi. Doctoral (S3) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21531034_prabab.pdf

Download (596kB)
[img] Text
21531034_bab1.pdf

Download (719kB)
[img] Text
21531034_bab2.pdf

Download (540kB)
[img] Text
21531034_bab3.pdf

Download (471kB)
[img] Text
21531034_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img] Text
21531034_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
21531034_bab6.pdf

Download (94kB)
[img] Text
21531034_daftarriwayathidup.pdf

Download (4kB)
[img] Text
21531034_Pernyataan Persetujuan Publikasi_Sudarwati.pdf

Download (113kB)

Abstract

ABSTRAK SUDARWATI, 2024, Pengaruh Antara Kepemimpinan, Komitmen Kerja, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Penggerak Dalam Naungan Al Azhar Syifa Budi, Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam, IAIN Kediri, Promotor : 1. Prof. Dr. Munifah, M.Pd., 2. Prof. Dr. Muhamad Yasin, M.Pd, Keywords : Kepemimpinan, Komitmen Kerja, Motivasi Berprestasi, Kinerja Sekolah, Kurikulum Merdeka Penelitian ini menganalisis pengaruh kepemimpinan, komitmen kerja, dan motivasi berprestasi terhadap kinerja sekolah dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada sekolah penggerak Al Azhar Syifa Budi. Hipotesis penelitian adanya pengaruh positif antara masing-masing variabel dan secara bersamasama terhadap kinerja sekolah. Penelitian menggunakan metode sequantial explanatory dengan survei terhadap 147 responden yang terdiri dari kepala sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda, yang kemudian dilanjutkan dengan analisa penelitian kualitatif. Analisis regresi linear sederhana menunjukkan kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja sekolah (koefisien β = 0,540, p < 0,05), di mana kepemimpinan yang baik menciptakan lingkungan kondusif bagi peningkatan kinerja sekolah. Komitmen kerja memiliki pengaruh positif terhadap kinerja sekolah (koefisien β = 0,139, p > 0,05), meskipun dampaknya tidak signifikan secara statistik, komitmen kerja dapat meningkat dengan lingkungan kerja yang mendukung, perkuat nilai dan visi organisasi. Sementara itu, motivasi berprestasi menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja sekolah (koefisien β = 0,564, p < 0,05), yang mencerminkan dorongan kuat mencapai hasil optimal. Analisis regresi berganda menunjukkan kepemimpinan, komitmen kerja dan motivasi berprestasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja sekolah (F hit positif = 18,799, p < 0,05). Semua data kuantitatif diperkuat dan didukung oleh hasil data kualitatif. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa pengaruh simultan ketiga variabel terhadap kinerja sekolah adalah signifikan secara statistik 28,3%, sedangkan sisanya 71,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan, komitmen kerja, motivasi berprestasi secara signifikan memengaruhi kinerja sekolah. Implikasi penelitian ini menunjukkan pentingnya kepemimpinan yang inklusif dan transformatif untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif serta mendorong motivasi berprestasi untuk meningkatkan kinerja sekolah. Penelitian lanjutan dapat mengidentifikasi variabel-variabel lain yang memengaruhi kinerja sekolah, 6 seperti budaya organisasi, keterlibatan komunitas, dan inovasi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Doctoral (S3))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Doktor Studi Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 04 Nov 2025 02:12
Last Modified: 04 Nov 2025 02:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19493

Actions (login required)

View Item View Item