HUBUNGAN IKLIM SEKOLAH DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN SELF REGULATED LEARNING SISWA DI SMA NEGERI 1 PARE

Salsabila, Sinta (2025) HUBUNGAN IKLIM SEKOLAH DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN SELF REGULATED LEARNING SISWA DI SMA NEGERI 1 PARE. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
933412519_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
933412519_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933412519_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933412519_bab3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933412519_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
933412519_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
933412519_bab6.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933412519_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933412519_lampiran.pdf

Download (3MB)
[img] Text
933412519_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)

Abstract

SALSABILA, SINTA. Dosen Pembimbing (1)Drs. Moh. Irfan Burhani, M.Psi., (2) Shofi Mirwani, M.Psi, Hubungan Iklim Sekolah dan Dukungan Sosial Orangtua dengan Self Regulated Learning Siswa di SMA Negeri 1 Pare. Skripsi. Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, 2025 Kata Kunci: Iklim Sekolah, Dukungan Sosial Orangtua, Self Regulated Learning Self regulated learning adalah kemampuan yang dimiliki individu untuk secara aktif terlibat dalam proses belajarnya yang mampu menetapkan tujuan pembelajaran yang jelas dan dapat memilih strategi yang tepat untuk mencapai tujuannya. Secara teoretis, self regulated learning dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah iklim sekolah dan dukungan social orangtua. Beberapa hasil riset penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara iklim sekolah dan dukungan sosial orangtua dengan self regulated learning. Iklim Sekolah adalah suatu kualitas dan karakter dari kehidupan sekolah yang mencerminkan norma, tujuan, nilai-nilai, hubungan interpersonal, praktek belajar memgajar dan struktur organisasi suatu lingkungan sekolah. Dukungan Sosial Orangtua adalah keberadaan, kesediaan dan kepedulian secara fisik maupus psikologis yang diberikan orangtua kepada anak mereka. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui apakah ada hubungan positif antara Iklim sekolah dengan self regulated learning siswa. (2) Untuk mengetahui apakah ada hubungan positif antara Dukungan sosial orangtua dengan self regulated learning siswa. (3) Untuk mengetahui apakah ada hubungan yang positif antara iklim sekolah dan dukungan sosial orangtua dengan self regulated learning pada siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pare berjumlah 387 siswa dengan sampel berjumlah 196 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian ini berupa kuesioner dengan skala self regulated learning yang disusun berdasar teori Zimmerman , skala iklim sekolah disusun berdasar teori Cohen, dan skala dukungan sosial orangtua disusun berdasar teori Sarason. Analisis data menggunakan analisis korelasi dan regresi berganda dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian: (1) Ada hubungan positif antara Iklim sekolah dengan self regulated learning pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pare dengan r=0,577 > 0,05, R2=0,315, sumbangsih yang diberikan Iklim sekolah dengan self regulated learning sebesar 31% dan 69% ditentukan oleh faktor lain. (2) Ada hubungan positif antara dukungan sosial orangtua dengan self regulated learning pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pare dengan r=0,520 > 0,05, R2=0,274, sumbangsih yang diberikan dukungan social orangtua dengan self regulated learning sebesar 27% dan 73% ditentukan oleh faktor lain. (3) Ada hubungan antara iklim sekolah dan dukungan sosial orangtua dengan self regulated learning pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pare dengan r=0,631 > 0,05, dan nilai koefisiensi determinasi (R-Square) sebesar 0,398 atau 39%. Sedangkan 61% lainnya ditentukan oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170110 Psychological Methodology, Design and Analysis
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Sinta Salsabila
Date Deposited: 03 Nov 2025 06:37
Last Modified: 03 Nov 2025 06:37
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19490

Actions (login required)

View Item View Item