Syah, Mohammad Ifan Aprian (2025) Peran Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Home Industry Shuttlecock (Studi Pada Nossa Shuttlecock Desa Tanjungrejo Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
|
Text
931337018_prabab.pdf Download (701kB) |
|
|
Text
931337018_bab1.pdf Download (542kB) |
|
|
Text
931337018_bab2.pdf Download (530kB) |
|
|
Text
931337018_bab3.pdf Download (399kB) |
|
|
Text
931337018_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) |
|
|
Text
9313370_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) |
|
|
Text
931337018_bab6.pdf Download (341kB) |
|
|
Text
9313370_daftar_pustaka.pdf Download (375kB) |
|
|
Text
931337018_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (744kB) |
|
|
Text
931337018_lembar_pernyataan.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
Abstract
Promosi mempunyai peranan yang sangat penting. Adanya penggunaan promosi diharapkan produk yang akan dihasilkan oleh perusahaan dapat dikenal oleh masyarakat sehingga dapat meningkatkan volume penjualan. Karena itu strategi dalam melaksanakan promosi harus dilakukan secara tepat. Shuttlecock adalah bola yang dipakai untuk permainan bulu tangkis. Shuttlecock ini banyak diproduksi di Desa Tanjungrejo Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. Desa ini dikenal sebagai desa pengrajin Shuttlecock karena mayoritas warganya memiliki mata pencaharian sebagai pengrajin shuttlecock. Home industry shuttlecock yang terkenal di desa tersebut adalah Nossa Sutthelcock yang mendapatkan penjualan terbanyak. Awalnya promosi yang dilakukan oleh pemilik home industry shuttlecock Nossa dengan menawarkan produknya kepada para pedagang atau tengkulak/pengepul yang dikenal oleh pemilik untuk berkerja sama. Kemudian, tahun 2021 promosi mulai dilakukan secara online yaitu melalui media sosial facebook sebagai sarana penyampaian informasi terkait keberadaan produk. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan peran strategi promosi dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Home Industry Shuttlecock Pada Nossa Shuttlecock Desa Tanjungrejo Loceret Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di home industry suttlecock Pada Nossa Shuttlecock Desa Tanjungrejo Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) Strategi promosi yang dilakukan Home Industry Shuttlecock Pada Nossa Shuttlecock Desa Tanjungrejo Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk, yaitu: pertama, melakukan penawaran penjualan secara langsung kepada pedagang atau tengkulak; Kedua, bekerja sama dalam aktivitas penjualan dengan pedagang atau tengkulak; serta Ketiga, mengunggah atau menunjukkan informasi produk ke media sosial Facebook dan menanggapi komentar dari konsumen. (2) Strategi promosi yang dilakukan oleh pemilik Home Industry Shuttlecock Pada Nossa Shuttlecock Desa Tanjungrejo Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. dalam meningkatkan volume penjualannya memiliki peran yaitu: Pertama, sebagai variabel pembentuk respon calon konsumen; Kedua, sebagai elemen penghubung antara nilai produk dengan konsumen; dan Ketiga, sebagai faktor pendorong keputusan pembelian.
| Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | MOH IFAN APRIAN SYAH |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 03:20 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 03:20 |
| URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19468 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
