Peran Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Home Industry Shuttlecock (Studi Pada Nossa Shuttlecock Desa Tanjungrejo Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk)

Syah, Mohammad Ifan Aprian (2025) Peran Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Home Industry Shuttlecock (Studi Pada Nossa Shuttlecock Desa Tanjungrejo Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931337018_prabab.pdf

Download (701kB)
[img] Text
931337018_bab1.pdf

Download (542kB)
[img] Text
931337018_bab2.pdf

Download (530kB)
[img] Text
931337018_bab3.pdf

Download (399kB)
[img] Text
931337018_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text
9313370_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
931337018_bab6.pdf

Download (341kB)
[img] Text
9313370_daftar_pustaka.pdf

Download (375kB)
[img] Text
931337018_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[img] Text
931337018_lembar_pernyataan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)

Abstract

Promosi mempunyai peranan yang sangat penting. Adanya penggunaan promosi diharapkan produk yang akan dihasilkan oleh perusahaan dapat dikenal oleh masyarakat sehingga dapat meningkatkan volume penjualan. Karena itu strategi dalam melaksanakan promosi harus dilakukan secara tepat. Shuttlecock adalah bola yang dipakai untuk permainan bulu tangkis. Shuttlecock ini banyak diproduksi di Desa Tanjungrejo Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. Desa ini dikenal sebagai desa pengrajin Shuttlecock karena mayoritas warganya memiliki mata pencaharian sebagai pengrajin shuttlecock. Home industry shuttlecock yang terkenal di desa tersebut adalah Nossa Sutthelcock yang mendapatkan penjualan terbanyak. Awalnya promosi yang dilakukan oleh pemilik home industry shuttlecock Nossa dengan menawarkan produknya kepada para pedagang atau tengkulak/pengepul yang dikenal oleh pemilik untuk berkerja sama. Kemudian, tahun 2021 promosi mulai dilakukan secara online yaitu melalui media sosial facebook sebagai sarana penyampaian informasi terkait keberadaan produk. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan peran strategi promosi dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Home Industry Shuttlecock Pada Nossa Shuttlecock Desa Tanjungrejo Loceret Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di home industry suttlecock Pada Nossa Shuttlecock Desa Tanjungrejo Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) Strategi promosi yang dilakukan Home Industry Shuttlecock Pada Nossa Shuttlecock Desa Tanjungrejo Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk, yaitu: pertama, melakukan penawaran penjualan secara langsung kepada pedagang atau tengkulak; Kedua, bekerja sama dalam aktivitas penjualan dengan pedagang atau tengkulak; serta Ketiga, mengunggah atau menunjukkan informasi produk ke media sosial Facebook dan menanggapi komentar dari konsumen. (2) Strategi promosi yang dilakukan oleh pemilik Home Industry Shuttlecock Pada Nossa Shuttlecock Desa Tanjungrejo Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. dalam meningkatkan volume penjualannya memiliki peran yaitu: Pertama, sebagai variabel pembentuk respon calon konsumen; Kedua, sebagai elemen penghubung antara nilai produk dengan konsumen; dan Ketiga, sebagai faktor pendorong keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: MOH IFAN APRIAN SYAH
Date Deposited: 05 Nov 2025 03:20
Last Modified: 05 Nov 2025 03:20
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19468

Actions (login required)

View Item View Item