Implementasi Corporate Social Responsibility Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota (Studi Kasus di BMT UGT Nusantara KC Kediri

Novitasari, Klara (2025) Implementasi Corporate Social Responsibility Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota (Studi Kasus di BMT UGT Nusantara KC Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931424718_prabab.pdf

Download (953kB)
[img] Text
931424718_bab1.pdf

Download (425kB)
[img] Text
931424718_bab2.pdf

Download (349kB)
[img] Text
931424718_bab3.pdf

Download (48kB)
[img] Text
931424718_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text
931424718_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text
931424718_bab6.pdf

Download (12kB)
[img] Text
931424718_daftarpustaka.pdf

Download (236kB)
[img] Text
931424718_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)
[img] Text
Surat Peryataan.pdf

Download (144kB)

Abstract

KLARA NOVITASARI. Dosen Pembimbing (1) Dr. H. Imam Annas Mushlihin, M.H.I. (2) Dijan Novia Saka, S.E., M.M Implementasi Corporate Social Responsibility Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota (Studi Kasus di BMT UGT Nusantara KC Kediri). Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, Peningkatan Anggota, BMT Corporate Social Responsibility (CSR) adalah sebuah komitmen yang dilakukan perusahaan untuk memberikan dampak positif bagi stakeholder dalam mencapai tujuan sosial kesejahteraan hidup. Program CSR ini setiap perusahaan melakukannya agar tidak hanya berorientasi pada laba atau keuntungan saja, melainkan sebagai sebagai pertanggungjawaban. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan implementasi Corporate Social Responsibility di BMT UGT Nusantara KC Kediri dan peran Corporate Social Responsibility BMT UGT Nusantara dalam meningkatkan jumlah anggota. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dari hasil data laporan tahunan BMT pada tahun 2020-2024, wawancara dengan pihak yang terkait pendistribusian dana sosial, penerima manfaat dan anggota BMT. Kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yaitu dapat diketahui bahwa program CSR di BMT UGT Nusantara KC Kediri sudah ada sejak berdirinya BMT tahun 2009. Dana CSR dari sisa hasil usaha (SHU) dan BMT juga memberikan dana sosial dengan menyalurkannya pada Lembaga Amil Zakat (LAZ) Sidogiri. Programnya meliputi di bidang pendidikan, sosial, mengentaskan kemiskinan dan kesejahteraan anggota. Alur penyaluran dana bantuan CSR dimulai dengan pengajuan proposal, persetujuan proposal, survei, pendistribusian dana sosial, monitori serta pertanggung jawaban. Kegiatan CSR yang dilakukan sudah sesuai dengan konsep dan prinsip-prinsip CSR yaitu Sustainability, Accountability dan Transparency. Diketahui CSR berperan dalam peningkatan jumlah anggota di BMT UGT Nusantara KC Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Depositing User: Klara Novitasari
Date Deposited: 17 Oct 2025 03:07
Last Modified: 17 Oct 2025 03:07
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19367

Actions (login required)

View Item View Item