Tarisa, Tarisa (2025) Pengaruh motivasi terhadap keputusan pembelian di e-commerce tiktok shop (studi pada mahasiswa prodi manajemen bisnis syariah IAIN Kediri angkatan 2021). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21403127_prabab.pdf Download (674kB) |
![]() |
Text
21403127_bab1.pdf Download (385kB) |
![]() |
Text
21403127_bab2.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
21403127_bab3.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
21403127_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
![]() |
Text
21403127_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
![]() |
Text
21403127_bab6.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
21403127_daftar_pustaka.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
21403127_lampiran.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21403127_LembarPernyataanPersetujuanPublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
Abstract
Motivasi merupakan dorongan internal dalam diri individu yang mendorong munculnya keinginan dan tindakan tertentu untuk mencapai suatu tujuan, salah satunya dalam membuat keputusan pembelian. Keputusan pembelian adalah proses pemecahan masalah yang mencakup tahapan mulai dari pengenalan kebutuhan dan keinginan hingga aktivitas pasca pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi, keputusan pembelian dan pengaruh motivasi terhadap keputusan pembelian di e-commerce TikTok Shop pada mahasiswa prodi Manajemen Bisnis Syariah IAIN Kediri angkatan 2021. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunkan kuesioner sebagai instrumen penelitian pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi Manajemen Bisnis Syariah IAIN Kediri angkatan 2021 yang melakukan pembelian di Tiktok Shop. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi Manajemen Bisnsi Syariah IAIN Kediri angkatan 2021 dengan jumlah sebanyak 70 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat motivasi dan keputusan pembelian mahasiswa prodi Manajemen Bisnis Syariah IAIN Kediri berada dalam kategori cukup, dengan nilai rata-rata masing-masing 39,39 variabel X dan 40,64 variabel Y dari total 70 responden. Terdapat hubungan yang kuat antara motivasi dan keputusan pembelian di e-commerce Tiktok shop, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi pearson sebesar 0,694, termasuk dalam kategori kuat (interval 0,60-0,797). Hasil uji regresi linier sederhana menghasilkan persamaan regresi Y = 16,105 + 0,612X yang mengindikasikan adanya pengaruh positif antara motivasi terhadap keputusan pembelian. Uji t menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai thitung sebesar 7,958 > ttabel 1,985 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya, motivasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sementara itu, nilai koefisien determinasi sebesar 0,482, menunjukkan 48,2% keputusan pembelian dipengaruhi oleh motivasi, sedangkan 51,8% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | TARISA TARISA |
Date Deposited: | 20 Oct 2025 04:38 |
Last Modified: | 20 Oct 2025 04:38 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19314 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |