Peran Pelatihan Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Kasus Di KSPPS BMT UGT Nusantara Cabang Pembantu Wates Kediri)

In'am, Sinta Yusnia (2025) Peran Pelatihan Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Kasus Di KSPPS BMT UGT Nusantara Cabang Pembantu Wates Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21402107_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21402107_bab1.pdf

Download (338kB)
[img] Text
21402107_bab2.pdf

Download (236kB)
[img] Text
21402107_bab3.pdf

Download (196kB)
[img] Text
21402107_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text
21402107_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
21402107_bab6.pdf

Download (110kB)
[img] Text
21402107_daftarpustaka.pdf

Download (123kB)
[img] Text
21402107_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
21402107_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (435kB)

Abstract

Sinta Yusnia In’am, 2025. Peran Pelatihan Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Kasus Di KSPPS BMT UGT Nusantara Cabang Pembantu Wates Kediri). Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri. Dosen Pembimbing (I) Achmad Munif. SE., MM dan (II)Ulfi Dina Hamida, M. Pd Kata Kunci: Pelatihan Kerja, Meningkatkan Kinerja, Karyawan Suatu perusahaan dapat mencapai pertumbuhan yang baik jika sumber daya manusianya mampu bekerja dengan efektif dan efisien. Pelatihan kerja yakni suatu kegiatan yang secara langsung melatih karyawan, dan pelatihan yang banyak digunakan dalam perusahaan. Pelatihan kerja sangat penting bagi setiap perusahaan yang bertujuan untuk mengembangkan peserta dalam memahami suatu pekerjaan yang sesuai dengan bidang atau jurusan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelatihan kerja karyawan di KSPPS BMT UGT Nusantara Cabang Pembantu Wates Kediri serta untuk menguraikan peran pelatihan kerja dalam meningkatkan kinerja karyawan dalam perusahaan tersebut. Dalam penelitian ini, penulis menerapkan metode kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan mencakup observasi, di mana pengamatan dilakukan secara langsung. Metode lainnya adalah wawancara, dan juga meliputi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian: Pelatihan kerja pada karyawan di KSPPS BMT UGT Nusantara Cabang Pembantu Wates Kediri melalui lima teknik. Pertama seminar (colloquium), pemberian pengarahan terkait tugas dasar bagi karyawan. Kedua pendampingan (coaching), melalui pembekalan awal kerja bagi seorang karyawan. Pada masa awal bekerja, karyawan akan diberikan pendampingan selama satu bulan. Ketiga mutasi pekerjaan (job transfer), teknik yang dilakukan dengan antar divisi. Keempat magang (apprenticeship training), teknik yang diberikan bagi karyawan untuk mengetahui kondisi dengan praktik secara langsung. Kelima pelatihan instruksi jabatan (job instruction training), teknik yang diberikan bagi karyawan mengenai petunjuk pelaksanaan pengerjaan. Peran pelatihan kerja dalam meningkatkan kinerja karyawan di KSPPS BMT UGT Nusantara Cabang Pembantu Wates Kediri dapat diobservasi melalui evaluasi kinerja karyawan yang menunjukkan peningkatan sebelum dan sesudah penerapan teknik pelatihan kerja. Peningkatan ini terlihat dari indikator-indikator yang tercapai, seperti kualitas kerja, kuantitas kerja, ketepatan dalam waktu, pengetahuan, kreativitas, dan kemandirian.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150202 Financial Econometrics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150203 Financial Institutions (incl. Banking) > 15020308 Microfinance Institution (Lembaga Keuangan Mikro; incl. LKM Syariah)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150206 Financial Technology (incl. Fintech Syariah)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: SINTA YUSNIA IN`AM
Date Deposited: 02 Oct 2025 03:23
Last Modified: 02 Oct 2025 03:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19241

Actions (login required)

View Item View Item