Ariyanti, Anisa Putri (2025) Peran diversifikasi produk guna meningkatkan volume penjualan (studi pada Home Industry Kerajinan Bambu Indah Desa Kerkep, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, UIN SYEKH WASIL KEDIRI.
![]() |
Text
21401041_prabab.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
21401041_bab1.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
21401041_bab2.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text
21401041_bab3.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
21401041_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (859kB) |
![]() |
Text
21401041_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
![]() |
Text
21401041_bab6.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
21401041_daftarpustaka.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
21401041_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Anisa.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
Abstract
ANISA PUTRI ARIYANTI, Dosen Pembimbing Sri Hariyanti, S.HI, M.M. dan Sidanatul Janah, S.HI, M.H. : Peran Diversifikasi Produk Guna Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada Home Industry Kerajinan Bambu Indah Desa Kerkep, Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri). Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri 2025. Kata Kunci : Diversisikasi Produk, Volume Penjualan, Home Industry Kerajinan Bambu. Diversifikasi produk adalah suatu usaha untuk mengembangkan produk pada usaha yang dikelola dengan menciptakan produk baru, tetapi tetap mempertahankan produk yang sudah ada. Tujuan utama dari diversifikasi produk yaitu untuk meningkatkan pertumbuhan, penjualan, profitabilitas, serta fleksibilitas perusahaan dalam menghadapi persaingan pasar. Diversifikasi produk dilakukan sebagai strategi pemasaran untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi konsumen yang beragam serta menjaga daya saing usaha di tengah persaingan pasar yang dinamis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran diversifikasi produk dalam meningkatkan penjualan pada Home Industry Kerajinan Bambu Indah di Desa Kerkep, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif ditinjau dari lapangan. Sumber data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan informan, yaitu pemilik Home Industry Kerajinan Bambu Indah, pengrajin, dan konsumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik rependekatanduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan diversifikasi produk, termasuk penambahan varian, variasi ukuran, inovasi desain, mampu memperluas segmen pasar, dan meningkatkan volume penjualan secara signifikan. Penelitian ini memberikan gambaran bahwa strategi diversifikasi merupakan kunci keberhasilan usaha kerajinan bambu dalam menghadapi tantangan pasar dan memperkuat daya saing usaha secara berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | ANISA PUTRI ARIYANTI |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 06:47 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 06:47 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19232 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |