Safitri, Wilujeng Eka (2025) Strategi Mempertahankan Eksistensi Toko Kelontong Di Desa Sidoharjo Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
931313318_PRABAB.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
931313318_BAB1.pdf Download (474kB) |
![]() |
Text
931313318_BAB2.pdf Download (370kB) |
![]() |
Text
931313318_BAB3.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
931313318_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) |
![]() |
Text
931313318_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
![]() |
Text
931313318_BAB6.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
931313318_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
931313318_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (192kB) |
Abstract
Wilujeng Eka Safitri, Dosen Pembimbing Dr. Andriani, SE, MM dan Ririn Tri Puspita Ningrum, MSI: Strategi Mempertahankan Eksistensi Toko Kelontong di Desa Sidoharjo Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto. Kata Kunci: Strategi, Eksistensi Bisnis, Toko Kelontong Eksistensi bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan agar bisnis bisa terus berjalan dan bertahan dengan mempertahankan strategi atau karakteristik pada bisnis dan produknya. Dalam penelitian ini teori strategi menjelaskan mengenai masalah pemilik toko kelontong dalam mempertahankan eksistensi bisnis yang semakin banyak pesaingnya, menurunnya peluang masyarakat berbelanja di toko kelontong dalam satu wilayah, serta penerapan strategi yang belum jelas dan hanya bersifat naluri. Maka tujuan penelitian ini adalah menjelaskan mengenai eksistensi toko kelontong dan strategi dalam mempertahankan eksistensi toko kelontong di Desa Sidoharjo Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam memperoleh data, peneliti melalukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian sumber data dalam penelitian ini yaitu pemilik usaha toko kelontong di Desa Sidoharjo Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto yang sudah lama berdiri dan masih bertahan sampai sekarang. Selanjutnya untuk memeriksa keabsahan data yang sudah dianalisis menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi sehingga bisa ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Usaha toko kelontong di Desa Sidoharjo Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto merupakan toko kelontong yang eksis. Hal tersebut tergambarkan melalui indikator eksistensi bisnis yaitu adanya peningkatan perolehan omset, memiliki jumlah pembeli yang mayoritas besar dan pembeli tetap, memiliki produk yang bervariasi dan berkualitas baik, serta penentuan harga jual menggunakan perhitungan seperti pada umumnya dan pengambilan untung yang wajar. 2) Strategi toko kelontong dalam mempertahankan eksistensi usahanya tergambarkan melalui indikator eksistensi bisnis yaitu melakukan perhitungan omset yang disesuaikan dengan pemilik dan jam operasional toko kelontong serta menggunakan cara yang umum digunakan, pergerakan omset yang fluktuatif dan stabil serta cara mengatasinya, memperhatikan faktor yang diperhatikan pembeli sebelum pembelian serta strategi menarik pembeli baru dan mempertahankan kesetiaannya, pemilik usaha juga memiliki strategi memperlakukan produk rusak dan tidak tersedia, serta barang tidak laku dan kenaikan harga produk.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | WILUJENG EKA SAFITRI |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 07:26 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 07:26 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19219 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |