NANDAR, MUHAMMAD KHOIRUL (2025) Peran Strategi Pemasaran Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Bibit Kelapa Sawit ( Studi Kasus Di CV Tunas Jaya Benih Kecamatan Mesuji, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21401005_prabab.pdf.pdf Download (692kB) |
![]() |
Text
21401005_bab1.pdf.pdf Download (340kB) |
![]() |
Text
21401005_bab2.pdf.pdf Download (349kB) |
![]() |
Text
21401005_bab3.pdf.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text
21401005_bab4.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
![]() |
Text
21401005_bab5.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
![]() |
Text
21401005_bab6.pdf.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
21401005_daftar_pustaka.pdf.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
21401005_lampiran.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (196kB) |
Abstract
MUHAMMAD KHOIRUL NANDAR, Dosen Pembimbing Adin Fadilah, M.E.Sy. dan Anwariyah, M.Pd., Peran Strategi Pemasaran Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Bibit Kelapa Sawit ( Studi Kasus Di CV Tunas Jaya Benih Kecamatan Mesuji, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan), Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci: Peran Strategi, Pemasaran, Volume Penjualan, Bibit Kelapa Sawit Peran strategi pemasaran produk dalam meningkatkan volume penjualan bibit kelapa sawit pada CV Tunas Jaya Benih, yang berlokasi di Kecamatan Mesuji, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Dalam era persaingan usaha yang semakin kompetitif, perusahaan dituntut untuk mampu merancang dan menerapkan strategi pemasaran yang efektif guna mempertahankan dan meningkatkan daya saingnya, khususnya dalam sektor agribisnis seperti penjualan bibit kelapa sawit. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan strategi pemasaran produk yang diterapkan oleh CV Tunas Jaya Benih, khususnya dalam aspek bauran pemasaran (marketing mix) yang mencakup produk (product), harga (price), tempat/distribusi (place), dan promosi (promotion). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian di analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan Direktur, Staff bagian pemasaran, anggota, petani, dan mitra dari CV Tunas Jaya Benih. Dan pada tahap pemeriksaa keabsahaan data penelitian ini menggunakan Teknik ketekukan pengamatan, perpanjangan pengamatan, dan triagulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Strategi yang diterapkan oleh CV Tunas Jaya Benih ialah strategi produk, harga, tempat, dan promosi. Strategi pemasaran produk bibit kelapa sawit di CV Tunas Jaya Benih meliputi penyediaan bibit berkualitas, penetapan harga yang kompetitif, distribusi yang menjangkau berbagai daerah, serta promosi aktif melalui media sosial dan partisipasi dalam pameran. (2) Strategi ini berperan penting dalam meningkatkan volume penjualan dengan cara menarik konsumen baru, memperluas jangkauan pasar, serta mempertahankan loyalitas pelanggan melalui pelayanan yang responsif dan pendekatan personal
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | MUHAMMAD KHOIRUL NANDAR |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 07:44 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 07:44 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19180 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |