Peran Strategi Pemasaran Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Bibit Kelapa Sawit ( Studi Kasus Di CV Tunas Jaya Benih Kecamatan Mesuji, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan)

NANDAR, MUHAMMAD KHOIRUL (2025) Peran Strategi Pemasaran Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Bibit Kelapa Sawit ( Studi Kasus Di CV Tunas Jaya Benih Kecamatan Mesuji, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21401005_prabab.pdf.pdf

Download (692kB)
[img] Text
21401005_bab1.pdf.pdf

Download (340kB)
[img] Text
21401005_bab2.pdf.pdf

Download (349kB)
[img] Text
21401005_bab3.pdf.pdf

Download (280kB)
[img] Text
21401005_bab4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
21401005_bab5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
21401005_bab6.pdf.pdf

Download (244kB)
[img] Text
21401005_daftar_pustaka.pdf.pdf

Download (226kB)
[img] Text
21401005_lampiran.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (196kB)

Abstract

MUHAMMAD KHOIRUL NANDAR, Dosen Pembimbing Adin Fadilah, M.E.Sy. dan Anwariyah, M.Pd., Peran Strategi Pemasaran Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Bibit Kelapa Sawit ( Studi Kasus Di CV Tunas Jaya Benih Kecamatan Mesuji, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan), Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci: Peran Strategi, Pemasaran, Volume Penjualan, Bibit Kelapa Sawit Peran strategi pemasaran produk dalam meningkatkan volume penjualan bibit kelapa sawit pada CV Tunas Jaya Benih, yang berlokasi di Kecamatan Mesuji, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Dalam era persaingan usaha yang semakin kompetitif, perusahaan dituntut untuk mampu merancang dan menerapkan strategi pemasaran yang efektif guna mempertahankan dan meningkatkan daya saingnya, khususnya dalam sektor agribisnis seperti penjualan bibit kelapa sawit. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan strategi pemasaran produk yang diterapkan oleh CV Tunas Jaya Benih, khususnya dalam aspek bauran pemasaran (marketing mix) yang mencakup produk (product), harga (price), tempat/distribusi (place), dan promosi (promotion). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian di analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan Direktur, Staff bagian pemasaran, anggota, petani, dan mitra dari CV Tunas Jaya Benih. Dan pada tahap pemeriksaa keabsahaan data penelitian ini menggunakan Teknik ketekukan pengamatan, perpanjangan pengamatan, dan triagulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Strategi yang diterapkan oleh CV Tunas Jaya Benih ialah strategi produk, harga, tempat, dan promosi. Strategi pemasaran produk bibit kelapa sawit di CV Tunas Jaya Benih meliputi penyediaan bibit berkualitas, penetapan harga yang kompetitif, distribusi yang menjangkau berbagai daerah, serta promosi aktif melalui media sosial dan partisipasi dalam pameran. (2) Strategi ini berperan penting dalam meningkatkan volume penjualan dengan cara menarik konsumen baru, memperluas jangkauan pasar, serta mempertahankan loyalitas pelanggan melalui pelayanan yang responsif dan pendekatan personal

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: MUHAMMAD KHOIRUL NANDAR
Date Deposited: 25 Sep 2025 07:44
Last Modified: 25 Sep 2025 07:44
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19180

Actions (login required)

View Item View Item