Wilyantika, Efa (2025) Bauran pemasaran 7P dalam meningkatkan penjualan ditinjau dari marketing syariah (studi pada Pawon Mak Gomah Perum Jl. Green Joyoboyo No.1, Banjarmlati, Kec. Mojoroto, Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, UIN Syekh Wasil Kediri.
|
Text
21403039_PraBab.pdf Download (798kB) |
|
|
Text
21403039_Bab1.pdf Download (398kB) |
|
|
Text
21403039_Bab2.pdf Download (353kB) |
|
|
Text
21403039_Bab3.pdf Download (307kB) |
|
|
Text
21403039_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
|
|
Text
21403039_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) |
|
|
Text
21403039_Bab6.pdf Download (278kB) |
|
|
Text
21403039_DaftarPustaka.pdf Download (248kB) |
|
|
Text
21403039_Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
Text
21403039_PernyataanUpload.pdf Download (223kB) |
Abstract
WILYANTIKA, EFA. 2025. Bauran Pemasaran 7P Dalam Meningkatkan Penjualan Ditinjau Dari Marketing Syariah (Studi Pada Pawon Mak Gomah Perum Jl. Green Joyoboyo No.1, Banjarmlati, Kec. Mojoroto, Kota Kediri). Skripsi, Program Studi Manajemen Bisnis syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Syekh Wasil Kediri. Pembimbing : (1) Dr. H. Ahmad Syakur, M.E.I. dan (2) Ghulam Falach, L.c., M.Ag Latar belakang penelitian ini didasari oleh pesatnya perkembangan industri kuliner yang menuntut pelaku usaha untuk menyusun strategi pemasaran yang tidak hanya efektif secara bisnis, tetapi juga selaras dengan nilai-nilai syariah seperti shiddiq, fathanah, amanah, dan tabligh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan bauran pemasaran 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence) dalam meningkatkan penjualan pada usaha kuliner Pawon Mak Gomah di Kota Kediri, serta mengevaluasi kesesuaiannya dengan prinsip-prinsip marketing syariah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap pemilik, karyawan, serta konsumen Pawon Mak Gomah. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Bauran pemasaran 7P pada Pawon Mak Gomah. Produk yang ditawarkan berupa masakan rumahan yang khas dan menggugah selera. Harga ditetapkan terjangkau sesuai daya beli masyarakat. Lokasi usaha strategis dan mudah dijangkau. Promosi dilakukan secara aktif melalui media sosial dan kolaborasi dengan food vlogger. Pelayanan diberikan oleh staf yang ramah dan profesional. Sistem prasmanan dipilih untuk efisiensi proses, serta suasana makan didukung oleh desain interior bernuansa tradisional Jawa yang nyaman dan bersih. 2) Strategi bauran pemasaran 7P terbukti meningkatkan penjualan. Hal ini ditunjukkan oleh tingginya kunjungan konsumen setiap hari dan peningkatan omset yang stabil. Perpaduan kualitas produk, promosi digital, dan pelayanan yang unggul mendorong loyalitas pelanggan. 3) Bauran pemasaran 7P pada pawon mak gomah selaras dengan nilai-nilai pemasaran syariah. Setiap elemen 7P mencerminkan prinsip Islami, seperti kejujuran (shiddiq), kecerdasan dan profesionalisme (fathanah), amanah dalam pelayanan, dan transparansi dalam promosi. Produk yang disajikan halal dan baik (thayyib), serta hubungan dengan pelanggan dibangun secara etis dan humanistik. Hal ini tidak hanya meningkatkan kepuasan, tetapi juga membawa keberkahan dalam usaha. Kata Kunci : Bauran Pemasaran 7P, Penjualan Pawon Mak Gomah, Marketing Syariah.
| Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Manajemen Bisnis Syariah |
| Depositing User: | EFA WILYANTIKA |
| Date Deposited: | 28 Nov 2025 08:10 |
| Last Modified: | 28 Nov 2025 08:10 |
| URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19172 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
