PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG (Studi Pada Pembeli Marketplace di Desa Kalipang)

Novitasari, Marda (2025) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG (Studi Pada Pembeli Marketplace di Desa Kalipang). Undergraduate (S1) thesis, UIN Syekh Wasil Kediri.

[img] Text
21403107_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21403107_babI.pdf

Download (396kB)
[img] Text
21403107_babII.pdf

Download (373kB)
[img] Text
21403107_babIII.pdf

Download (320kB)
[img] Text
21403107_babIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
21403107_babV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text
21403107_babVI.pdf

Download (120kB)
[img] Text
21403107_daftarpustaka.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.Marda Novitasaripdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan perilaku belanja masyarakat akibat kemajuan teknologi dan internet, khususnya di Desa Kalipang yang letaknya jauh dari pusat perdagangan. Fokus penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian ulang ((Studi Pada Pembeli Marketplace Shopee di Desa Kalipang)), mengingat adanya research gap dari penelitian terdahulu yang menunjukkan hasil bervariasi terkait pengaruh kedua variable tersebut terhadap keputusan pembelian ulang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif dengan pendekatan random sampling untuk mengumpulkan data. Populasi penelitian adalah pembeli marketplace Shopee yang pernah melakukan pembelian ulang dengan rentang usia 19-59 tahun di Desa Kalipang. Sampel penelitian berjumlah 100 responden yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara random. Data yang terkumpul kemudia dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, statistic deskrptif, uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, autokorelasi), uji korelasi Pearson dan berganda, analisis regresi berganda, serta uji hipotesis (uji t dan uji F) dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ulang pada pembeli marketplace Shopee di Desa Kalipang. Kualitas produk memiliki korelasi yang kuat dengan keputusan pembelian ulang, sementara harga memiliki korelasi yang sangat kuat. Secara simultan, kualitas produk dan harga berkontribusi sebesar 65,3% terhadap keputusan pembelian ulang, sedangkan 34,7% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variable yang diteliti. Temuan ini menegaskan pentingnya menjaga kualitas produk dan strategi penetapan harga yang kompetitif untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan di era digital.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: MARDA NOVITASARI
Date Deposited: 24 Sep 2025 07:47
Last Modified: 07 Oct 2025 06:45
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19159

Actions (login required)

View Item View Item