HABIB, ALFIN ZUDA (2025) Pengaruh Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di Marketplace Shopee (Studi Pada Pengguna Shopee Di Pondok Pesantren Al-Fath Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21403110_prabab.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
21403110_bab1.pdf Download (663kB) |
![]() |
Text
21403110_bab2.pdf Download (537kB) |
![]() |
Text
21403110_bab3.pdf Download (646kB) |
![]() |
Text
21403110_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (662kB) |
![]() |
Text
21403110_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (929kB) |
![]() |
Text
21403110_bab6.pdf Download (514kB) |
![]() |
Text
21403110_daftarpustaka.pdf Download (498kB) |
![]() |
Text
21403110_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
21403110_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (181kB) |
Abstract
Alfin Zuda Habib, NIM 21403110. Dosen Pembimbing : Dr. Yuliani, SE,M.M dan Islamiati Hidayah, SA,M.Akun. “Pengaruh Harga Terhadap Kepuasan Konsumen di Marketplace Shopee (Studi Pada Pengguna Shopee di Pondok Pesantren Al-Fath)”. Manajemen Bisnis Syariah, Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Kediri 2025. Kata Kunci: Harga, Kepuasan Konsumen Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia, yang memungkinkan berbagai aktivitas dilakukan secara online, termasuk berbelanja melalui platform digital yang dikenal sebagai marketplace. Di antara para pengguna marketplace, kalangan generasi Z termasuk mahasantri merupakan kelompok yang paling aktif. Berdasarkan hasil observasi di beberapa pondok pesantren di Kelurahan Rejomulyo, Kota Kediri, diketahui bahwa Pondok Pesantren Al Fath merupakan pondok pesantren dengan jumlah mahasantri terbanyak dibandingkan pondok lainnya di wilayah Kelurahan Rejomulyo, Kota Kediri. Mahasantri Al Fath juga tercatat aktif dalam menggunakan marketplace, dengan Shopee sebagai platform yang paling sering digunakan. Hal ini mendorong peneliti untuk menelusuri lebih dalam faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan konsumen terhadap penggunaan marketplace Shopee di Pondok Pesantren Pelajar Al Fath. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kuisioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi dan sampelnya adalah konsumen Shopee di Pondok Pesantren Al-Fath Kota Kediri, Sampel diambil menggunakan non-probability sampling dengan kriteria pengguna yang telah melakukan pembelian lebih dari satu kali di marketplace Shopee, dengan total sampel sebanyak 180 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga di marketplace shopee berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dibuktikan dari hasil uji t pada penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t hitung untuk variabel harga adalah sebesar 16,013. Nilai ini lebih besar dibandingkan dengan nilai t tabel sebesar 1,973 (16,013 > 1,973), dan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa H₀ ditolak dan Hₐ diterima, yang berarti variabel harga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini juga dilihat dari hasil uji koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,590 atau 59,0%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel independen dalam model mampu menjelaskan 59,0% variasi yang terjadi pada variabel dependen, sedangkan sisanya 41,0% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | ALFIN ZUDA HABIB |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 06:42 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 06:42 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19153 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |