Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Pondok Pesantren Al – Amien Kota Kediri)

Elisaputri, Binti Dheta (2025) Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Pondok Pesantren Al – Amien Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21403103_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21403103_bab1.pdf

Download (515kB)
[img] Text
21403103_bab3.pdf

Download (496kB)
[img] Text
21403103_bab2.pdf

Download (384kB)
[img] Text
21403103_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text
21403103_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
21403103_bab6.pdf

Download (234kB)
[img] Text
21403103_daftarpustaka.pdf

Download (354kB)
[img] Text
21403103_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
21403103_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (200kB)

Abstract

BINTI DHETA ELISAPUTRI, Dosen Pembimbing MAHFUDHOTIN, MSI dan Dr. BINTI MUTAFARIDA, SE, MEI. “Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Pondok Pesantren Al – Amien Kota Kediri)”, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci : Online Customer Review, Keputusan Pembelian. Meningkatnya penggunaan platform belanja digital, khususnya dalam konteks marketplace, telah mengubah perilaku konsumen, di mana ulasan produk memainkan peran penting dalam membentuk keputusan pembelian. Penelitian ini menganalisis peran ulasan pelanggan online (OCR) sebagai faktor – faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, terutama di kalangan generasi milenial, termasuk para santri Pondok Pesantren Al – Amien. Dengan mempertimbangkan aspek ulasan produk, studi ini memberi gambaran mengenai bagaimana faktor – faktor tersebut bekerja secara bersamaan untuk mempengaruhi keputusan pembelian yang lebih cerdas dan terinformasi oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh online customer review secara keseluruhan terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee santri Pondok Pesantren Al – Amien Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif, dengan bantuan alat ukur SPSS 24. Jumlah populasi dari penelitian ini sebanyak 87 santri yang menggunakan marketplace shopee. Penelitian ini melibatkan seluruh anggota populasi sebagai sampel, sehingga sampel penelitian ini Sampling Jenuh. Dengan menggunakan kuisioner, sebagai alat untuk mendapatkan sejumlah data dan informasi dari responden. Analisis ini menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Online customer review menggunakan teori dari Almana dan Mirza. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel online customer review (X) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) santri Pondok Pesantren Al – Amien Kota Kediri yaitu dengan dibuktikkan bahwa nilai Sig. sebesar 0,000 ( < 0,05). Secara bersama – sama (simultan) variabel online customer review (X) bepengaruh signifikan secara simultan (bersama – sama) terhadap variabel keputusan pembelian (Y) santri Pondok Pesantren Al – Amien Kota Kediri yaitu dengan dibuktikkan hasil perhitungan nilai Fhitung > Ftabel (26,234 > 0,312) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 menunjukkkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara online customer review terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee sebesar 23,6% serta sisanya 76,4% dipengaruhi faktor lainnya yang tidak diteliti seperti harga, rating, brand trust, dan influencer.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: BINTI DHETA ELISAPUTRI
Date Deposited: 24 Sep 2025 06:41
Last Modified: 24 Sep 2025 06:41
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19152

Actions (login required)

View Item View Item