Rosyid, Muhamat Zainur (2025) Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mie Ndower Gondanglegi Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21403101_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21403101_bab1.pdf Download (479kB) |
![]() |
Text
21403101_bab2.pdf Download (491kB) |
![]() |
Text
21403101_bab3.pdf Download (477kB) |
![]() |
Text
21403101_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) |
![]() |
Text
21403101_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) |
![]() |
Text
21403101_bab6.pdf Download (386kB) |
![]() |
Text
21403101_daftarpustaka.pdf Download (375kB) |
![]() |
Text
21403101_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
21403101_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (191kB) |
Abstract
Muhamat Zainur Rosyid, Dosen Pembimbing Dr, Ashfa Fikriyah, MEI., Toni Adhitya, SE.MSA, Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mie Ndower Gondanglegi Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk), Skripsi, Program Studi Manajemen Bisnis Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci : Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian Kegiatan penelitian di Mie Ndower Gondanglegi setelah melakukan observasi lapangan menunjukkan hasil bahwa adanya pengaruh antara harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Hal didasarkan pada survey kepada 45 responden di Mie Ndower Gondanglegi yang menyatakan setuju atau sangat setuju terhadap harga dan kualitas produk menjadi alasan untuk membeli di Mie Ndower Gondanglegi. Selain itu, harga juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan, serta kepuasan pelanggan berperan sebagai faktor yang memberikan dampak positif dan signifikan. Hal ini dikarenakan Mie Ndower Gondanglegi merupakan rumah makan yang menjadi daya tarik bagi orang yang berpergian ke Nganjuk, Mie Ndower Gondanglegi menawarkan harga yang lebih terjangkau dan kualitas produk yang lebih baik dibandingkan dengan pesaing-pesaing bisnisnya. Sehingga, penelitian tertarik untuk membuktikan bahwa harga dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Kemudian, tujuan peneliti diantaranya (1) Untuk mengetahui harga pada Mie Ndower Gondanglegi, (2) Untuk mengetahui kualitas produk pada Mie Ndower Gondanglegi, (3) Untuk mengetahui keputusan pembelian pada Mie Ndower Gondanglegi, (4) Untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian pada Mie Ndower Gondanglegi, (5) Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Mie Ndower Gondanglegi (6) Untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk secara keseluruhan terhadap keputusan pembelian pada Mie Ndower Gondanglegi. Penelitian ini melibatkan 386 responden dari rumah makan Mie Ndower Gondanglegi. Metode penelitian yang diterapkan adalah Kuantitatif dengan metode penggumpulan data pada cara yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu sumber primer (kuisioner, angket, dokumentasi, ditribusi, wawancara dan observasi) dan sumber sekunder (data internal dan eksternal Mie Ndower Gondanglegi). Sedangkan analisis awal penelitian ini dilakukan melalui Uji Validitas dan Uji Realibitas. Kemudian, untuk uji analisis penelitian diantaranya Asumsi klasik (Uji Normalitas, Uji Heteroskedasitas, Uji Multikolinearitas, Uji Linearitas), Analisis Korelasi, Analisis Deskripsi dan Analisis Regresi Linear Berganda. Adapun Uji Hipotesis dalam penelitian ini yaitu Uji F, Uji t dan Uji R2. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Mie Ndower Gondanglegi menerapkan harga Rp 9.000 untuk semua level. Harga yang lebih rendah dari pesaing bisa menarik konsumen untuk membeli produk yang dijual. (2) Ciri khas Mie Ndower yaitu cita rasa yang unik sebagai pembeda utama dan kualitas rasa penting untuk jangka panjang. (3) Pendapatan tinggi, terutama di akhir pekan, menunjukkan keputusan pembelian yang kuat. Tingkat putusan pembelian dinilai "cukup tinggi", sehingga pendapatan meningkat di Mie Ndower Gondanglegi. (4) Harga secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian Mie Ndower. Penetapan harga yang adil dan mempertimbangkan nilai produk serta kondisi pasar penting untuk membangun kepercayaan dan keputusan pembeli jangka panjang(5) Peningkatan kualitas produk secara konsisten berhubungan dengan peningkatan keputusan pembelian. Dengan demikian, kualitas produk yang baik menjadi faktor penting dalam membangun dan mempertahankan keputusan pembelian Mie Ndower Gondanglegi. (6) Analisis korelasi menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara harga dan kualitas produk (0.546), harga dan keputusan pembelian (0.466), serta kualitas produk dan keputusan pembelian (0.537), dengan kualitas produk menunjukkan korelasi terkuat dengan keputusan pembelian. Analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa harga dan kualitas produk secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (R = 0.575). Secara keseluruhan, hasil analisis menunjukkan bahwa baik harga maupun kualitas produk memiliki korelasi positif dan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian Mie Ndower Gondanglegi. Kualitas produk di Mie Ndower Gondanglegi memiliki pengaruh yang lebih kuat dibandingkan dengan harga dalam membentuk keputusan pembelian.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150301 Business Information Management (incl. Records, Knowledge and Information Management, and Intelligence) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | MUHAMAT ZAINUR ROSYID |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 06:59 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 06:59 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19146 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |