Brilian, Abellia (2025) PENGARUH METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA ANAK TUNA GRAHITA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA DI SLB C PUTERA ASIH. Undergraduate (S1) thesis, UIN SYEKH WASIL KEDIRI.
![]() |
Text
21207046_prabab.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
21207046_BAB1.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
21207046_BAB2.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
21207046_BAB3.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
21207046_BAB4.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text
21207046_BAB5.pdf Download (105kB) |
![]() |
Text
21207046_BAB6.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
21207046_daftarpustaka.pdf Download (99kB) |
Abstract
Kata Kunci: Total Physical Response (TPR), Anak Tunagrahita Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan metode Total Physical Response (TPR) terhadap penguasaan kosakata bahasa Indonesia pada anak tunagrahita dalam pembelajaran membaca. Latar belakang penelitian menunjukkan bahwa anak tunagrahita, yang memiliki keterbatasan intelektual dan ketidakcakapan dalam interaksi sosial, sering mengalami kesulitan dalam penyesuaian diri dan pembelajaran Bahasa. Metode TPR, yang menekankan koordinasi antara ucapan dan tindakan fisik, dinilai potensial untuk memfasilitasi pembelajaran yang lebih konkret dan bermakna bagi kelompok siswa ini. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa tunagrahita di SLB C Putera Asih yang dibagi menjadi kelompok eksperimen yang menerima intervensi TPR dan kelompok kontrol yang menerima pembelajaran konvensional. Data penguasaan kosakata dikumpulkan melalui tes sebelum dan sesudah intervensi.Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada penguasaan kosakata kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Pada variabel penerapan metode Total Physical Response (TPR), terjadi peningkatan rata rata sebesar 1,210 (0,303 > 0,05), sementara pada variable kemampuan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia terdapat peningkatan rata-rata sebesar 0,687 (0,431>0,05). Nilai p yang lebih kecil dari 0,05 pada kedua variable menunjukkan bahwa perbedaan yang ada antara kondisi sebelum dan setelah penerapan metode Total Physical Response adalah signifikan secara statistik. Hal ini mengindikasikan bahwa metode TPR efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata pada anak tunagrahita. Implikasi penelitian ini menyoroti pentingnya penggunaan metode pembelajaran yang disesuaikan dan melibatkan aktivitas fisik untuk mengoptimalkan potensi belajar anak berkebutuhan khusus.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | ABELLIA SEPNANDA PUTRI BRILIAN |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 06:44 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 06:44 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19133 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |