NURHABIBAH, BETY (2021) Perencanaan Startegis Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di Sd Islam Darush Sholihin Tanjunganom Nganjuk. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
92400618001_PRABAB.pdf Download (911kB) |
![]() |
Text
92400618001_BAB1.pdf Download (600kB) |
![]() |
Text
92400618001_BAB2.pdf Download (486kB) |
![]() |
Text
92400618001_BAB3.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
92400618001_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
![]() |
Text
92400618001_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
![]() |
Text
92400618001_BAB6.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
92400618001_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (73kB) |
Abstract
ABSTRAK BETY NURHABIBAH, Dosen Pembimbing Dr. MUKHAMMAD ABDULLAH, M.Ag dan Dr. Hj. MU’AWANAH, M.Pd: Perencanaan Startegis Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di SD Islam Darush Sholihin Tanjunganom Nganjuk, Provinsi Jawa Timur, Tesis jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2021. Kata Kunci: Renstra, Road Map, SDI Darush Sholihin Secara umum setiap lembaga pendidikan memerlukan perencanaan yang baik dalam melaksanakan peningkatan mutu pendidikan yang diharapkan. Lembaga pendidikan harus memiliki arahan jangka panjang yang jelas agar dapat melakukan peningkatan mutu. Perencanaan strategis akan mengarahkan lembaga pendidikan pada pencapaian-pencapaian strategis suatu visi, misi lembaga ke masa depan. Sekolah dasar harus menjadi prioritas utama dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Para lulusan di pendidikan dasar merupakan bahan mentah untuk pendidikan menengah. Sehingga mutu pendidikan haruslah dimulai dari pendidikan dasar. Berdasarkan Uraian diatas, peneliti bermaksud mengadakan penelitian mengenai perencanaan strategis dalam meningkatkan mutu lulusan di SDI Darush Sholihin Tanjunganom Nganjuk, dengan fokus penelitian: (1) Bagaimana penyusunan perencanaan strategis SDI Darush Sholihin dalam meningkatkan mutu lulusan ?, (2) Bagaimana road map SDI Darush Sholihin Nganjuk dalam Meningkatkan Mutu Lulusan?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sebagai teknik analisis, peneliti menggunakan reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, perencanaan strategis dalam meningkatkan mutu lulusan dimulai dari penyusunan renstra sekolah yang dilakukan oleh pihak sekolah dan pihak yayasan, berdasarkan visi dan misi tersebut ditentukan tujuan sasaran serta harapan sekolah dalam jangka waktu 4 tahun (2029-2023). Selanjutnya menentukan target-target setiap tahunnya dan membuat road map perencanaan strategis dalam menentukan mutu lulusan. Dengan dibuatnya perencanaan strategis sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan memiliki arah dan tujuan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 01:49 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 01:49 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19104 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |