Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN Cengkok Kecamatan Tarokan

Qoriyah, Binti Zahrotul (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN Cengkok Kecamatan Tarokan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20206004_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20206004_bab1.pdf

Download (347kB)
[img] Text
20206004_bab2.pdf

Download (218kB)
[img] Text
20206004_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text
20206004_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20206004_bab5.pdf

Download (121kB)
[img] Text
20206004_daftarpustaka.pdf

Download (235kB)

Abstract

Media berbasis visual yaitu suatu alat bantu dalam penyampaian materi dengan melibatkan indera penglihatan. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran visual yaitu Big book untuk menarik minat membaca peserta didik. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah: (1) Untuk mengembangkan media pembelajaran yaitu media buku besar kelas II di SDN Cengkok Kecamatan Tarokan; (2) Untuk mengetahui kelayakan pengembangan produk media Big Book bagi peserta didik kelas II SDN Cengkok Kecamatan Tarokan; dan (3) Untuk mengetahui keefektifan media Big Book bagi kelas II SDN Cengkok Kecamatan Tarokan. Jenis penelitian ini penelitian Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE yang menggunakan lima tahap meliputi analysis, design, development, implementation and evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cengkok Kecamatan Tarokan dengan subjek penelitian yaitu kelas II yang terdiri dari 24 peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan media pembelajaran big book melewati beberapa tahap. Tahap analisis meliputi analisis kebutuhan, analisis kurikulum dan analisis karakterisik peserta didik. Selanjutnya tahap perancangan meliputi perancangan materi dan perancangan konten big book. Setelah perancangan dilanjutkan tahap pengembangan sesuai dengan rancangan yang telah dibuat. Langkah selanjutnya yaitu tahap implementasi atau uji coba produk yang telah di validasi dan di revisi. Langkah evaluasi dilakukan di setiap tahap untuk memperbaiki kelayakan media; (2) Kelayakan media big book didapat dari validasi beberapa ahli dan respon dari guru dan peserta didik. Hasil validasi ahli bahasa memperoleh presentase sebesar 80%, dengan kriteria layak, pada tahap ahli media mendapatkan nilai kelayakan 77% dengan kriteria layak, pada tahap ahli materi memperoleh presentase sebesar 72% dengan kriteria layak, tahap terakhir yaitu angket respon guru terhadap (materi) memperoleh presentase sebesar 87% dengan kriteria sangat layak. Hasil angket respon peserta didik kelompok kecil sebesar 95% dengan kategori sangat layak, sedangkan uji coba kelompok besar mendapatkan nilai 94% dengan kategori sangat layak; (3) Keefektivan media big book didapat dari hasil Pretest dan posttest. Pretest dan postest kelompok kecil memperoleh nilai 56 dan 89. Sedangkan hasil pretest dan posttest kelompok besar memperoleh nilai 55 dan 88. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II SDN Cengkok Kecamatan Tarokan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education (Pendidikan usia dini)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130107 Te Whariki (Maori Early Childhood Education)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL) ; Kurikulum dan Pedagogi Bahasa Inggris dan Literasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: BINTI ZAHROTUL QORIYAH
Date Deposited: 16 Oct 2025 03:34
Last Modified: 16 Oct 2025 03:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19092

Actions (login required)

View Item View Item