Mufiidah, Mufiidah (2025) IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS IX di MTs HIDAYATUS SHOLIHIN GURAH KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri (UIN) Syekh Wasil Kediri.
![]() |
Text
21201031_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21201031_bab1.pdf Download (748kB) |
![]() |
Text
21201031_bab2.pdf Download (739kB) |
![]() |
Text
21201031_bab3.pdf Download (366kB) |
![]() |
Text
21201031_bab4.pdf Download (861kB) |
![]() |
Text
21201031_bab5.pdf Download (562kB) |
![]() |
Text
21201031_bab6.pdf Download (345kB) |
![]() |
Text
21201031_daftarpustaka.pdf Download (475kB) |
![]() |
Text
21201031_publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
Abstract
Al-Qur’an sebagai pedoman hidup umat Islam yang paling utama, maka menanamkan nilai-nilai al-Qur’an kepada anak sudah menjadi suatu keharusan bagi setiap keluarga muslim. Untuk menanamkan niali-nilai tersebut keterampilan membaca al-Qur’an menjadi kemampuan dasar yang harus dikuasai. Pada MTs Hidayatus Sholihin Gurah Kediri terdapat kegiatan pembelajaran al-Qur’an menggunakan metode Yanbu’a. Penelitian ini layak dilakukan sampai selesai karena metode Yanbu’a merupakan salah satu metode dalam membaca al-Qur’an yang membawa pengaruh cukup baik bagi siswa di MTs Hidayatus Sholihin Gurah Kediri, terbukti dengan adanya peningkatan dalam kemampuan membaca al-Qur’an dan minat siswa pada kelas IX di MTs Hidayatus Sholihin Gurah Kediri. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui konsep pembelajaran dari metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas IX di MTs Hidayatus Sholihin Gurah Kediri. 2) Untuk mengetahui implementasi metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca al- Qur’an siswa kelas IX di MTs Hidayatus Sholihin Gurah Kediri. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode Yanbu’a pada kelas IX di MTs Hidayatus Sholihin Gurah Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Model analisis data yang digunakan adalah teori dari Bogdan. Subyek dalam penelitian ini adalah penanggung jawab BTQ di MTs Hidayatus Sholihin Gurah Kediri dan guru pengajar BTQ metode Yanbu’a di MTs Hidayatus Sholihin Gurah Kediri. Hasil penelitian ini adalah Pertama, konsep pembelajaran metode Yanbu’a di MTs Hidayatus Sholihin Gurah Kediri meliputi menulis pegon, membaca al- Qur’an menghafalkan do’a sehari-hari, dan juga melalar surah-surah pendek. Kedua, Implementasi metode Yanbu’a di MTs Hidayatus Sholihin Gurah Kediri dalam pelaksanaan penerapannya memiliki keunikan tidak seperti penerapan metode Yanbu’a pada umumnya dimana jilid yang diterapkan hanya jilid 1-3 maksimal 4. Ketiga, faktor pendukung dengan adanya dukungan dari pihak sekolah, dukungan dari orang tua murid, fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambat waktu pembelajaran yang terbatas, kurangnya guru pengajar, dan evaluasi guru pengajar yang tidak terlaksana.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MUFIIDAH MUFIIDAH |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 07:10 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 07:10 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19086 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |