Rizna, Yustria Maya (2025) Efektivitas model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terintegrasi CASEL (Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning) terhadap kemampuan numerasi dan keaktifan siswa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21204072_prabab.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
21204072_bab1.pdf Download (389kB) |
![]() |
Text
21204072_bab2.pdf Download (595kB) |
![]() |
Text
21204072_bab3.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
21204072_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (630kB) |
![]() |
Text
21204072_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
![]() |
Text
21204072_bab6.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
21204072_daftarpustaka.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
21204072_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) |
![]() |
Text
21204072_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
Abstract
YUSTRIA MAYA RIZNA, Dosen Pembimbing MUHAMMAD KHOIRIL AKHYAR, M.Pd. dan AGUS MIFTAKUS SURUR, S.Si, M.Pd., Efektivitas Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terintegrasi CASEL (Collaborative For Academic, Social, And Emotional Learning) Terhadap Kemampuan Numerasi dan Keaktifan Siswa, Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2025. Kata kunci: PBL, CASEL, Numerasi, Keaktifan Belajar, Rendahnya kemampuan numerasi dan minimnya keaktifan belajar siswa akibat dominasi pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru menunjukkan perlunya model holistik yang mendukung keterlibatan aktif serta pengembangan sosial-emosional siswa sesuai arah Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) yang terintegrasi dengan pendekatan CASEL (Collaborative For Academic, Social, And Emotional Learning) dalam meningkatkan kemampuan numerasi dan keaktifan siswa. CASEL sendiri berfokus pada penguatan lima kompetensi inti, yaitu kesadaran diri, pengelolaan diri, kesadaran sosial, keterampilan hubungan, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain pre-eksperimental menggunakan model one group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri atas 30 siswa kelas VIII-D. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan numerasi dan lembar observasi keaktifan siswa. Materi yang digunakan adalah statistika (mean, median, dan modus), karena relevan dengan konteks numerasi dan memungkinkan integrasi nilai-nilai CASEL melalui diskusi kelompok, refleksi, dan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL terintegrasi CASEL efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi dan keaktifan belajar siswa. Nilai N-Gain menunjukkan peningkatan kategori sedang, dan hasil uji Wilcoxon menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest. Sementara itu, hasil observasi keaktifan siswa serta uji Paired Sample T-Test juga menunjukkan peningkatan yang signifikan. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model PBL-CASEL mampu menciptakan suasana belajar yang lebih aktif, menyenangkan, dan mendukung pengembangan siswa secara utuh. Model ini dapat menjadi rujukan dalam penerapan strategi pembelajaran yang tidak hanya fokus pada aspek kognitif, tetapi juga memperkuat kompetensi sosial dan emosional siswa secara seimbang.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | YUSTRIA MAYA RIZNA |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 06:26 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 06:26 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19062 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |