Ihsan, Moh Maftuh (2025) Pengembangan Media Tabota (Teater Boneka Tangan) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Visual Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 MI Miftahul Huda. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21206103_PRA BAB (1).pdf Download (562kB) |
![]() |
Text
21206103_BAB 1.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
21206103_BAB II.pdf Download (416kB) |
![]() |
Text
21206103_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
![]() |
Text
21206103_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
21206103_BAB V.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
21206103_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
21206103_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (111kB) |
Abstract
Kesulitan membaca dan mengembangkan kemampuan literasi visual berdampak pada kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi cerita rakyat. Kondisi ini diperburuk oleh metode pembelajaran yang hanya mengandalkan penyampaian teori secara lisan tanpa didukung media pembelajaran yang memadai. Dalam penelitian ini, peneliti memiliki tujuan 1) Untuk mengembangkan media Tabota mata pelajaran bahasa indonesia; 2) Untuk mengetahui kelayakan media tabota ; 3) Untuk mengetahui keefektifitasan media tabota untuk meningkatkan kemampuan literasi visual peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang mengadopsi model pengembangan ADDIE, terdiri dari 5 tahap yaitu, 1) Analisis; 2) Desain; 3) Pengembangan; 4) Implementasi; 5) Evaluasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Media Tabota telah dikembangkan dengan visualisasi menarik dan muatan materi cerita rakyat yang disesuaikan dengan perkembangan dan karakteristik peserta didik kelas II; 2) Pengembangan media Tabota diperoleh presentasi kelayakan oleh para ahli diperoleh hasil lebih dari 80% dengan kriteria sangat layak. Dapat disimpulkan bahwa media tabota layak digunakan dalam pembelajaran; 3) media tabota mampu meningkatkan kemampuan literasi visual peserta didik melalui uji kelompok kecil dan kelompok besar. Uji Wilcoxon menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (<0,05), yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | MOH MAFTUH IHSAN |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 01:43 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 01:43 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19019 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |