Asna, Masda Nur (2025) Penerapan Sistem Aplikasi Srikandi Dalam Manajemen Kearsipan Guna Meningkatkan Kinerja Pegawai Di Bidang Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21205031_PRABAB.pdf Download (392kB) |
![]() |
Text
21205031_BAB1.pdf Download (362kB) |
![]() |
Text
21205031_BAB2.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text
21205031_BAB3.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
21205031_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) |
![]() |
Text
21205031_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
![]() |
Text
21205031_BAB6.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
21205031_DAPUS.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
21205031_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
21205031_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
![]() |
Text
pengesahan.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
persetujuan.pdf Download (41kB) |
Abstract
Kondisi banyaknya tata persuratan untuk keperluan administrasi negara yang terus berkembang seiring berjalannya waktu menjadikan manajemen kearsipan yang efektif dan efisien sangat diperlukan pada instansi-instansi pemerintah. SRIKANDI merupakan sistem informasi yang disiapkan pemerintah untuk mempermudah proses tata persuratan dan kearsipan dengan berbasis elektronik. Kementerian Agama Kabupaten Blitar merupakan salah satu instansi yang sudah menggunakan aplikasi ini di semua bidang. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan Penerapan Sistem Aplikasi SRIKANDI guna meningkatkan kinerja pegawai Bidang Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Blitar; 2) Mendeskripsikan hasil Penerapan Sistem Aplikasi SRIKANDI guna meningkatkan kinerja pegawai Bidang Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Blitar serta 3) Mendeskripsikan faktor penghambat penerapan aplikasi SRIKANDI guna meningkatkan kinerja pegawai Bidang Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif serta data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data penelitian, dilakukan dengan cara triangulasi sumber data dan triangulasi metode (teknik). Kemudian dianalisis dengan beberapa tahapan, yaitu korelasi data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pegawai Bidang Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Blitar menggunakan aplikasi SRIKANDI sebagai media dan sarana pengelolaan arsip berdasarkan pada Surat Edaran Menteri Agama Nomor 31 Tahun 2022 tentang Penggunaan Aplikasi SRIKANDI dengan fitur yang memungkinkan pegawai untuk menerima surat masuk dan membuat surat keluar secara terintegrasi serta terjamin validitas dan akurasinya; 2) SRIKANDI memiliki fitur dengan keunggulan-keunggulannya, yaitu terintegrasi secara nasional dengan instansi-instansi pemerintah di Indonesia dan kemudahan akses yang dirasakan oleh pegawai Bidang Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Blitar, sehingga proses surat menyurat dan arsip dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. 3) Faktor penghambat penerapan aplikasi SRIKANDI guna meningkatkan kinerja pegawai di bidang pendidikan madrasah Kementerian Agama Kabupaten Blitar adalah Sistem Eror, Naskah dinas tidak dapat tampil saat dilakukan pratinjau (Preview) serta Keterbatasan Fitur.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | MASDA NUR ASNA |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 07:50 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 07:50 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19014 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |