Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berbasis Realistik Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa

Ikhwani, Ahmad Rojib (2025) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berbasis Realistik Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932304420_prabab.pdf

Download (7MB)
[img] Text
932304420_bab1.pdf

Download (406kB)
[img] Text
932304420_bab2.pdf

Download (247kB)
[img] Text
932304420_bab3.pdf

Download (451kB)
[img] Text
932304420_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932304420_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
932304420_bab6.pdf

Download (129kB)
[img] Text
932304420_daftar_pustaka.pdf

Download (188kB)
[img] Text
932304420_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (211kB)

Abstract

AHMAD ROJIB IKHWANI, Dosen Pembimbing Ibu Dwi Shinta Rahayu, M. Pd. dan Ibu Dewi Hamidah, S.Si., M. Pd., Kemampuan pemecahan masalah matematika berbasis realistik ditinjau gaya kognitif siswa, Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan pemecahan masalah matematika berbasis realistik ditinjau dari gaya kognitif sistematis siswa, dan untuk menjelaskan kemampuan pemecahan masalah matematika berbasis realistik ditinjau dari gaya kognitif intuitif siswa. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tempat penelitian yaitu VIII-B MTs Raudlatut Thalabah Kediri. Subjek penelitian yang diambil adalah 4 dari 30 siswa dengan 2 siswa kategori mempunyai gaya kognitif sistematis dan 2 siswa kategori mempunyai gaya kognitif intuitif. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes tulis, angket dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes tulis realistik , angket gaya kognitif sistematis intuitif dan lembar pedoman wawancara. Hasil penelitian ini siswa dengan gaya kognitif sistematis mampu memenuhi semua indikator yaitu: menuliskan yang diketahui dan ditanya sesuai informasi yang disajikan, menuliskan rencana penyelesaian dan melaksanakannya dengan benar. Selanjutnya siswa mampu membuat kesimpulan yang logis dan memberikan alasan sebagai jawaban sudah benar. Siswa dengan gaya kognitif intuitif kurang mampu memenuhi semua indikator yaitu: menuliskan yang diketahui dan ditanya sesuai informasi yang disajikan, tidak menuliskan rencana penyelesaian dan melaksanakannya dengan benar. Selanjutnya siswa kurang mampu membuat kesimpulan yang logis dan memberikan alasan sebagai jawaban sudah benar. Siswa dengan gaya kognitif intuitif menyelesaikan masalah dengan spontan dan menggunakan jalan trial and error .

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0102 Applied Mathematics (Matematika Terapan) > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: AHMAD ROJIB IKHWANI
Date Deposited: 05 Dec 2025 03:43
Last Modified: 05 Dec 2025 03:43
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19001

Actions (login required)

View Item View Item