Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita barisan dan deret aritmatika berdasarkan Watson's Error Category ditinjau dari gaya belajar

Ma'rifa, Badriyah Nur (2025) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita barisan dan deret aritmatika berdasarkan Watson's Error Category ditinjau dari gaya belajar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21204049_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21204049_bab1.pdf

Download (431kB)
[img] Text
21204049_bab2.pdf

Download (586kB)
[img] Text
21204049_bab3.pdf

Download (450kB)
[img] Text
21204049_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
21204049_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
21204049_bab6.pdf

Download (189kB)
[img] Text
21204049_daftarpustaka.pdf

Download (287kB)
[img] Text
Surat Peryataan Badriyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita barisan dan deret aritmatika berdasarkan Watson's Error Category dan ditinjau dari gaya belajar siswa. Gaya belajar yang dianalisis dalam penelitian ini meliputi gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian naratif, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang kesalahan yang dilakukan siswa terkait gaya belajar masing-masing. Sumber data utama berasal dari hasil tes soal cerita dan wawancara dengan siswa yang terpilih berdasarkan gaya belajar mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang paling sering ditemukan adalah Omitted Conclusion (OC), Skills Hierarchy Problem (SHP), Inappropriate Procedure (IP), dan Inappropriate Data (ID). Siswa dengan gaya belajar visual cenderung melakukan kesalahan OC dan IP, dengan lebih fokus pada simbol dan representasi visual daripada langkah-langkah yang lebih rinci. Siswa auditorial lebih cenderung mengabaikan penulisan kesimpulan karena mengandalkan pemahaman verbal, sementara siswa kinestetik merasa bahwa proses pengerjaan yang telah selesai sudah cukup menggambarkan hasilnya, sehingga tidak menuliskan kesimpulan secara eksplisit. Kesalahan SHP ditemukan pada siswa visual yang lebih memperhatikan gambaran besar dan kurang teliti dalam langkah-langkah detail, sementara kesalahan ID terjadi pada siswa visual dan kinestetik yang tidak teliti dalam menafsirkan data. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa gaya belajar berperan penting dalam mempengaruhi jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita barisan dan deret aritmatika. Dengan pemahaman ini, diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengajaran matematika yang lebih terarah dan sesuai dengan gaya belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: BADRIYAH NUR MA`RIFA
Date Deposited: 02 Sep 2025 04:01
Last Modified: 02 Sep 2025 04:01
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18936

Actions (login required)

View Item View Item