Karomah, Uhti (2025) Manajemen peserta didik penyandang disabilitas dalam meningkatkan kemandirian melalui keterampilan vokasional di SLB Ngasem. Undergraduate (S1) thesis, UIN Syekh Wasil Kediri.
![]() |
Text
21205022_prabab.pdf Download (982kB) |
![]() |
Text
21205022_bab1.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
21205022_bab2.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
21205022_bab3.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text
21205022_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (947kB) | Request a copy |
![]() |
Text
21205022_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) | Request a copy |
![]() |
Text
21205022_bab6.pdf Download (18kB) |
![]() |
Text
21205022_daftarpustaka.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
21205022_lampiran.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21205022_persetujuan_publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berdasarkan pada ketertarikan penulis terhadap manajemen peserta didik penyandang disabilitas, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui manajemen peserta didik menyandang disabilitas dalam meningkatkan kemandirian melalui keterampilan vokasional di SLB Ngasem. SLB Ngasem merupakan Sekolah Luar Biasa yang beralamatkan di Jalan Pamenang 490 Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri. Sekolah Luar Biasa Ngasem berakreditasi A dan memiliki 3 jenjang pendidikan yaitu SDLB, SMPLB, dan SMALB. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif berbasis pada field research, memakai teknik analisis data dengan pendekatan deskriptif. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui penerimaan, orientasi, pengelompokan, bimbingan dan pembinaan serta evaluasi hasil belajar peserta didik penyandang disabilitas dalam meningkatkan kemandirian melalui keterampilan vokasional di SLB Ngasem. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, penerimaan peserta didik baru dimulai dengan mengadakan rapat untuk menyusun kebijakan operasional dalam pelaksanaan penerimaan peserta didik baru di SLB Ngasem. Kedua, orientasi peserta didik di SLB Ngasem dilakukan secara serentak untuk seluruh peserta didik baru maupun peserta didik lama. Ketiga, pengelompokan kelas di SLB Ngasem merupakan jenis pengelompokan kelas rangkap (Multi-Grade and Multi-Age Grouping). Keempat, bimbingan dan pembinaan peserta didik yang diberikan sangat beragam mulai dari program keterampilan vokasional, layanan konseling, pembinaan kedisiplinan, ekstrakulikuler, serta bimbingan dan pembinaan dari pihak eksternal. Keterampilan vokasional yang ada di SLB Ngasem diantaranya menjahit, menyablon, membuat aksesoris, memasak, menyetrika, melipat baju, mencuci montor, melukis, menyanyi, bermain alat musik, membuat buket, sama membuat keterampilan dari bahan-bahan bekas. Kelima, Evaluasi hasil belajar dilakukan dalam tiga jenis yaitu evaluasi harian, evaluasi setengah semester, dan evaluasi akhir semester. Diantara output lulusan peserta didik SLB Ngasem telah bekerja sebagai karyawan konveksi pakaian, kernet bus, kurir voucher internet, karyawan laundry, karyawan toserba, kuli bangunan, penjaga palang kereta api, satpam Indomart, dan pengatur lalu lintas.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Depositing User: | Uhti Karomah |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 03:57 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 03:57 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18933 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |