Manajemen Peningkatan Mutu Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di SD Islam NU Pare Kediri

Rohmah, Atina (2025) Manajemen Peningkatan Mutu Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di SD Islam NU Pare Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
21205004_prabab.pdf

Download (379kB)
[img] Text
21205004_bab1.pdf

Download (276kB)
[img] Text
21205004_bab2.pdf

Download (277kB)
[img] Text
21205004_bab3.pdf

Download (251kB)
[img] Text
21205004_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
21205004_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
21205004_bab6.pdf

Download (155kB)
[img] Text
21205004_daftarpustaka.pdf

Download (223kB)
[img] Text
21205004_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
21205004_lembarpernyataanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Di tingkat sekolah dasar, pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pembelajaran masih tergolong terbatas. Namun, SD Islam NU Pare Kediri menunjukkan kemajuan yang cukup menonjol dengan penerapan pembelajaran berbasis teknologi informasi. Sekolah ini telah menyediakan 15 unit komputer dan 24 unit TV digital sebagai sarana pendukung belajar, serta didukung oleh guru-guru yang memiliki kemampuan literasi digital yang baik. Keberhasilan ini tidak lepas dari peran aktif manajemen sekolah dalam mengelola sumber daya secara efektif untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen peningkatan mutu pembelajaran berbasis teknologi informasi di SD Islam NU Pare Kediri. Fokus kajian meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran berbasis teknologi informasi di SD Islam NU Pare dilakukan secara sistematis melalui integrasi teknologi dalam RPP dan strategi pembelajaran, serta rencana strategis digitalisasi sekolah termasuk penerapan rapor elektronik. Pengorganisasian pelaksanaan pembelajaran berbasis teknologi dilakukan dengan pembagian tugas yang jelas melalui koordinator mata pelajaran dan jenjang kelas. Dalam pelaksanaannya, hampir seluruh mata pelajaran telah mengintegrasikan berbagai platform digital seperti YouTube, PMM, Canva, Quizizz, Wordwall, dan Google Classroom, yang efektif meningkatkan pemahaman dan partisipasi siswa. Evaluasi pembelajaran menggunakan metode formatif dan sumatif dengan bantuan teknologi digital sebagai alat evaluasi, diikuti dengan tindak lanjut berupa remidial dan pengayaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing (Teknologi Pendidikan dan Komputasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ATINA ROHMAH
Date Deposited: 26 Aug 2025 03:50
Last Modified: 23 Sep 2025 06:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18908

Actions (login required)

View Item View Item