PENGEMBANGAN MEDIA YOUTUBE BERBASIS MOTION GRAPHIC DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS AL-HUDA BOGO NGANJUK

Fahmi, Sabiqul (2023) PENGEMBANGAN MEDIA YOUTUBE BERBASIS MOTION GRAPHIC DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS AL-HUDA BOGO NGANJUK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932133219_prabab.pdf

Download (3MB)
[img] Text
932133219_bab1.docx

Download (32kB)
[img] Text
932133219_bab2.docx

Download (34kB)
[img] Text
932133219_bab3.docx

Download (74kB)
[img] Text
932133219_bab4.docx

Download (2MB)
[img] Text
932133219_bab5.docx

Download (19kB)
[img] Text
932133219_daftar_pustaka.docx

Download (19kB)
[img] Text
932133219_lampiran.docx

Download (2MB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi(1).doc
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)

Abstract

MOCH SABIQUL FAHMI AMALIA (932133219), Dosen Pembimbing Ninik Zuroidah, M.Si dan Mochamad Desta Pradana, M.Pd. Pengembangan Media Youtube Berbasis Motion Graphic Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Al-Huda Bogo Nganjuk, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2023. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Youtube, Motion Graphic, Motivasi Belajar Penelitian pengembangan ini mengungkapkan bahwa kegiatan pembelajaran di MTs Al Huda Bogo Nganjuk masih berpusat pada Lembar Kerja Siswa (LKS) atau buku paket yang terkadang bersifat monoton dan dapat mengurangi semangat belajar siswa serta menyebabkan mereka cepat merasa mengantuk. Kurangnya motivasi belajar menjadi kendala dalam mencapai pembelajaran yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses pengembangan media pembelajaran berupa media youtube berbasis motion graphic dalam rangka meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Al Huda Bogo Nganjuk pada materi puasa wajib dan puasa sunnah. Penelitian ini juga ingin mengetahui tingkat keefektifan dari media pembelajaran yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan menurut model Borg dan Gall yang terdiri dari 10 langkah pengembangan. Data diperoleh melalui angket validasi, respon peserta didik, observasi, serta nilai pre-test dan post-test. Hasil validasi media mendapatkan presentase sebesar 88,6%, menunjukkan bahwa media tersebut valid. Validasi materi juga menunjukkan hasil yang valid dengan presentase 93,3%. Validasi oleh guru menunjukkan presentase kevalidan sebesar 84,2%, juga menunjukkan media tersebut valid. Kepraktisan media terbukti dengan respon siswa yang menunjukkan tingkat ketuntasan penggunaan media praktis sebesar 87,5%. Tingkat keefektifan media diuji dengan Paired Sample Test yang menghasilkan nilai signifikansi 0,000, menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media (karena nilai sig= 0,000 < 0,005). Perbedaan ini juga terlihat dari peningkatan rata-rata nilai pre-test (70,1563) dan post-test (79,375), yang menyatakan bahwa media efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Data observasi keaktifan siswa dalam bertanya selama proses pembelajaran serta respon positif peserta didik menunjukkan bahwa media berhasil dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MUHAMMAD SABIQUL FAHMI AMALIA
Date Deposited: 25 Aug 2025 03:01
Last Modified: 25 Aug 2025 03:01
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18901

Actions (login required)

View Item View Item