Wakhidah, Fina Alya Nur (2025) Pengaruh literasi matematika terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika berbasis HOTS siswa kelas VIII di MTsN 3 kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
![]() |
Text
21204014_prabab.pdf Download (956kB) |
![]() |
Text
21204014_bab1.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
21204014_bab2.pdf Download (479kB) |
![]() |
Text
21204014_bab3.pdf Download (519kB) |
![]() |
Text
21204014_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21204014_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
![]() |
Text
21204014_bab6.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
21204014_daftarpustaka.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
21204014_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
21204014_lembarpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
Abstract
Pada era abad ke-21, keterampilan berpikir tingkat tinggi menjadi kebutuhan yang urgen dalam pembelajaran, terutama dalam menghadapi persaingan di dunia pendidikan global khususnya matematika. Penguasaan literasi matematika dan kemampuan berpikir kritis merupakan dua kemampuan krusial yang dapat mendukung siswa dalam menyelesaikan persoalan yang memerlukan pemikiran tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh literasi matematika terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika berbasis HOTS, pada siswa kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode regresi untuk melihat pengaruh antar variabel. Populasi yang terlibat dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII, dengan jumlah sampel sebanyak 164 siswa yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang diterapkan berupa soal tes kemampuan literasi matematika dan soal cerita matematika HOTS. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa secara umum, kemampuan literasi matematika siswa berada kategori tinggi, di mana pencapaian tertinggi terlihat pada indikator merumuskan dan yang terendah pada indikator mengevaluasi. Kemampuan dalam menyelesaikan soal cerita matematika berbasis HOTS juga tergolong baik, dengan pencapaian tertinggi pada indikator mengevaluasi (C5) dan terendah pada indikator menganalisis (C4). Hasil dari uji regresi linear sederhana menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara literasi matematika terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita HOTS, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,005 dan koefisien determinasi (R² = 0,842), yang berarti 84,2% kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika berbasis HOTS dipengaruhi oleh literasi matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | FINA ALYA NUR WAKHIDAH |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 06:45 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 06:45 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18882 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |